Sabtu, 27 April 2024

Perhutani KPH Parengan Rencanakan Reboisasi Hutan Bersama Kodim 0811

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan bahas kerjasama reboisasi kawasan hutan di Kabupaten Tuban bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0811 Tuban yang dilaksanakan di Kantor KPH Parengan pada Rabu (06/05) lalu.

 

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Administratur KPH Parengan yang diwakili wakilnya, Suhartono didampingi Kepala Seksi Perencanaan Pengembangan Bisinis (PPB) Kiswanto, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0811 Tuban, Letkol. Inf. Viliala Ramadhon yang didampingi Komandan Unit Intel, Letda Inf. Suntoro.

 

Dalam pertemuan tersebut membahas rencana kerjasama untuk mewujudkan kelestarian hutan dan menjaga lingkungan ekosistem alam, sekaligus memberikan solusi dan alternatif sumber pendapatan kepada masyarakat di sekitar hutan.

 

Beberapa lokasi yang disebut dalam pertemuan itu antara lain petak-petak hutan di wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Montong dan BKPH Mulyoagung yakni petak 24 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Ngindahan di BKPH Montong seluas 10 hektar dan petak 12b, 13g RPH Guwoterus seluas 25 hektar serta petak 3a RPH Mulyoagung seluas 18,7 ha di wilayah BKPH Mulyoagung.

 

Rencana kerjasama ini dilakukan dengan tanaman Fast Growing Species (FGS) atau tanaman cepat tumbuh, seperti Sengon, Jabon, Pakis, Pawlonia yang akan disediakan oleh pihak Kodim 0811 Tuban. Pemilihan penanaman degan tanaman FGS dimaksudkan untuk segera mendapatkan penghasilan masing-masing pihak yang bekerjasama, serta terjaminnnya kelestarian hutan dan perbakan lingkungan kedepannya.

 

Dalam keterangan terpisah, Administratur KPH Parengan Badaruddin Amin menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung kerjasama reboisasi ini dan berharap dengan keterlibatan khususnya TNI dan masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) nantinya akan memberikan dampak positif yang luas.

 

“Penanaman jenis FGS ini memang baru pertama akan dilakukan di KPH Parengan. Saya berharap kesepahaman dalam pertemuan ini akan segera mewujudkan PKS antara Perhutani Kodim 0811 Tuban dan LMDH setempat,” terang Badaruddin.

 

Sementara itu, Dandim 0811 Tuban Letnan Kolonel Inf. Viliala Ramadhon mengatakan bahwa pihaknya sudah sering melibatkan diri dalam kegiatan reboisasi dibanyak tempat pada saat dirinya bertugas, beberapa diantaranya sudah ada yang panen.

 

“Baru pertama ini di wilayah Perhutani ada kesempatan untuk melakukan rencana kerjasama reboisasi pada lokasi tanam yang kompak dan luas. Kami dan jajaran di lapangan selalu siap mendukung kegiatan reboisasi dan ini memamg bagian tugas kami di daerah,” tambahnya.

 

Sumber: Perum Perhutani

Foto: DLH Kota Semarang

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU