Kamis, 25 April 2024

5 Bisnis Pertamina selain Migas yang Jarang Diketahui

ads-custom-5

Bisnis Pertamina selain migas tercatat ada lima. Ini menjadi salah satu sumber pendapatan Pertamina yang dikeluarkan oleh anak perusahaannya.

Jakarta, BUMN Info l Info BUMN kali ini akan membahas apa saja sebenarnya bisnis Pertamina selain migas yang diketahui ternyata ada lima. Ini menjadi salah satu sumber pendapatan Pertamina yang dikeluarkan oleh anak perusahaannya.  

Menteri BUMN Erick Thohir ada sekitar 142 cabang bisnis perusahaan Pertamina selain yang bergerak di minyak dan gas. Perlu diketahui sejarah lahirnya Pertamina, perusahaan ini lahir pada 1968. 

Perusahaan migas tersebut dibentuk melalui penggabungan perusahaan pertambangan minyak negara PN Permina dengan PN Pertamina menjadi PT Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) pada 20 Agustus 1968.

Lantas apa saja bisnis Pertamina selain migas? Berikut nama yang sudah kami himpun dari sejumlah sumber laporan BUMN. 

5 Cabang Bisnis Pertamina Selain Minyak dan Gas 

1. PT Pertamina International Shipping

Bisnis Pertamina selain migas seperti PIS  pada awalnya didirikan sebagai perusahaan dengan tujuan untuk menghasilkan pendapatan nyata, yang nantinya akan memberikan keuntungan finansial kepada PT Pertamina (Persero) secara profesional dan sesuai dengan praktik pelayaran yang berlaku. 

PIS merupakan sebuah organisasi pelayaran nasional dengan standar tinggi, mencari peluang dengan menyediakan pengelolaan bisnis maritim yang profesional, mengikuti kebiasaan pelayaran Indonesia, dan menawarkan keuntungan finansial melalui insentif pajak.

2. Perusahaan Patra Dok Dumai

Cabang perusahaan Pertamina ini bergerak  dalam bidang pemeliharaan dan perbaikan fasilitas seperti perbaikan kapal dan unit operasi lainnya.

3. Perusahaan Pelita Air Service

Bisnis Pertamina Selain Migas ini didirikan Pada tahun 1963, Pertamina mendirikan departemen bernama Pertamina Air Service untuk memberikan layanan penerbangan. 

Pada tahun 1970, atau 7 tahun setelahnya, Pertamina menutup departemen jasa penerbangannya dan mendirikan PT Pelita Air Service (PAS), anak perusahaan otonom untuk menjalankan operasi penerbangan yang berkelanjutan. Perusahaan kemudian ditugaskan untuk melakukan operasi penerbangan hemat biaya untuk melayani dan mengkoordinasikan operasi penerbangan di industri minyak dan gas di Indonesia melalui penerbangan dan kegiatan terkait. 

Termasuk dalam daftar adalah kegiatan seperti transmigrasi, pemadaman kebakaran, pengungsi, bantuan Palang Merah, tumpahan minyak, fotografi udara, dan transportasi kargo.

4. Perusahaan Tugu Pratama Indonesia.

Bisnis Pertamina Selain Migas seperti Tugu Pratama Indonesia yang didirikan pada tanggal 25 November 1981 dan yang memiliki cabang yang tersebar di berbagai  wilayah merupakan anak perusahaan Pertamina yang bergerak dibidang asuransi umum.

Perusahaan ini juga terdaftar di otoritas jasa keuangan. Perusahaan menawarkan asuransi baik untuk mitra Pertamina maupun korporasi lainnya.

5. PT Patra Jasa                          

Merupakan anak perusahaan Pertamina telah melayani masyarakat sejak tahun 1975 dan pertama kali beroperasi di industri perhotelan. Sejak tahun 2014, Patra Jasa memperluas cakupannya sebagai bagian dari kinerja BUMN dan bergeser ke industri properti dan pengembangan kawasan.

Sumber: idxchannel

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU