Senin, 20 Mei 2024

Kembangkan Sektor Pertanian, Pupuk Kujang Adakan Kegiatan Kujang Festival

ads-custom-5

Karawang, BUMNInfo | PT Pupuk Kujang menggandeng generasi milenial untuk masuk dan terlibat secara langsung dalam pengembangan sektor pertanian melalui kegiatan Kujang Festival 2020.

Direktur Utama PT Pupuk Kujang, Bambang Eka Cahyana, di Karawang, Jawa Barat, Sabtu, mengatakan Kujang Festival ini merupakan kegiatan perdana.

Tujuannya ialah untuk meningkatkan minat, terutama para generasi milenial untuk masuk ke dalam sektor pertanian. Generasi milenial juga bisa masuk sebagai penghubung antara konsumen dan pelaku budidaya untuk dapat menampilkan hasil pertaniannya.

“Dalam kegiatan ini juga ada sharing session serta menampilkan teknologi budi daya dan menjadi ajang untuk eduwisata,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Pupuk Kujang juga meluncurkan program Petani Kujang Juara. Program tersebut merupakan program pendampingan kepada petani binaan Pupuk Kujang, mulai dari budidaya tanam hingga penjualan hasil budidaya dan produk turunannya.

Dikatakannya, program tersebut diluncurkan untuk memperkuat komitmen Pupuk Kujang, selain sebagai produsen pupuk, juga terus melakukan pendampingan kepada petani guna berkontribusi di sektor pertanian dari hulu ke hilir.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan sektor pertanian membutuhkan kontribusi dari generasi muda. Itu bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian, melalui peningkatan penerapan sains dan teknologi dalam sektor pertanian.

“Kementerian Pertanian sudah menerapkan target peningkatan produksi hingga mencapai 7 persen untuk semua komoditas. Di sini dibutuhkan penerapan sains dan teknologi yang dapat diaplikasikan oleh generasi muda yang sangat familiar dengan teknologi dan digital,” kata dia.

Sementara itu, rangkaian Kujang Festival yang digelar di areal PT Pupuk Kujang dihadiri sekitar 3.000 pengunjung. Kegiatan ini diawali dengan kegiatan senam pagi bersama direksi dan karyawan, dilanjutkan dengan acara talkshow Agribisnis bertema “Industri Pertanian Hulu-Hilir (Agribisnis)”.

Selain itu, juga digelar talkshow Modern Farming tentang teknologi budidaya anggur dan buah tin yang saat ini tengah digemari masyarakat.

Kujang Festival juga dimeriahkan dengan kegiatan workshop yang diikuti sejumlah komunitas, pengunjung umum atau karyawan. Workshop ini membahas mengenai penanaman hidroponik, tambulampot (tanaman tumbuh dalam pot) serta Budidaya Kopi & Coffee Art.

Selain itu, acara ini juga diisi dengan berbagai jenis perlombaan seperti lomba mewarnai, lomba vlog, dan lain-lain.

Sejumlah artis ibu kota seperti Kabut Salju, Selfie KDI dan penyanyi muda yang sedang naik daun yakni Marion Jola juga memeriahkan kegiatan itu.

Sumber : www.antaranews.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU