Rabu, 1 Mei 2024

Kerjasama PTDI dan LAPAN Dalam Kembangkan Pesawat N219 versi Amfibi

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Kementerian PPN/Bappenas menggandeng sejumlah lembaga iptek seperti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI berusaha mengembangkan pesawat N219 versi amfibi. Langkah tersebut merupakan upaya membangun kemandirian industri penerbangan.

Varian pesawat N219 amfibi dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan nasional, baik untuk daerah-daerah terluar yang merupakan kepulauan-kepulauan, daerah-daerah yang memiliki potensi pariwisata bahari, atau di sungai-sungai dan danau-danau yang relatif sulit untuk dibangun lapangan terbang. Hal ini berguna untuk menambah konektivitas dan meningkatkan roda ekonomi di kawasan tersebut.

Nantinya, pesawat N219 akan didesain menjadi pesawat N219 amfibi yang bisa mendarat di darat dan di perairan (laut atau sungai). Kehadiran N219 versi amfibi dapat memperlancar akses transportasi dan menjangkau wilayah-wilayah yang selama ini terkendala infrastruktur udara.

“Salah satu yang dilakukan Bappenas adalah mendorong kerja sama penelitian antar Litbang dan industri terkait melalui flagship Riset Nasional. Tujuan kerja sama ini menghasilkan efektivitas riset dan produk inovasi yang sesuai kebutuhan masyarakat luas,” ujar Direktur Pendidikan Tinggi, Iptek, dan Kebudayaan Bappenas, Hadiat dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/2).

Sumber : kumparan.com

Foto : Antara

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU