Sabtu, 27 April 2024

Naik 10%, Tahun 2019, Airnav Raih Pendapatan Rp3,7 Triliun

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau Airnav Indonesia pada tahun 2019 ini meraih pendapatan sebesar Rp3,7 triliun, atau mengalami kenaikan 10% lebih dibandingkan tahun 2018 yang hanya sebesar Rp3,4 triliun.

Adapun laba bersih (anaudit) pada tahun 2019 ini diperlirakan mencapai Rp479 miliar atau mengalami kenaikan dibandingkam tahun sebelumnya yang hanya Rp406 miliar (setelah audit).

Direktur Utama Airnav Indonesia, Novie Riyanto mengatakan, layanan navigasi penerbangan internasional masih memberikan kontribusi besar pada pendapatan Airnav.

Hal ini dikarenakan frekuensi penerbangan dalam negeri sempat terganggu akibat mahalnya harga tiket pesawat yang berimbas pada pengurangan frekuensi penerbangan pada beberapa rute oleh maskapai.

Sementara untuk meningkatkan kualitas layanan dan otomasi sistem navigasi penerbangan, di tahun 2020 Airnav Indonesia mengalokasilan anggaran sebesar Rp1,18 triliun. “Anggaran tersebut memakan separuh lebih dari nilai investasi AirNav Indonesia tahun 2020,” ujar Novie Riyanto di Jakarta, Kamis (26/12) dalam rilis..

Novie mengatakan, sedikitnya ada enam katagori investasi yang menjadi fokus AirNav tahun 2020. Diantaranya terkait dengan pembangunan gedung serta dukungan fasilitas lainnya yang mencapai Rp463 miliar. Sedangkan investasi yang memakan anggaran cukup besar meliputi pengadaan alat navigasi yang mencapai Rp174,2 miliar serta surveillance yang mencapai Rp172 miliar.

Sementara investasi menurut wilayah masih menempatkan Pulau Jawa sebagai penyerapan anggaran terbesar yang mencapai Rp1,3 triliun. Kemudian wilayah Kalimantan terutama terkait dengan Ibu Kota Negara Baru dengan investasi mencapai Rp195,9 miliar, menyusul Provinsi Papua yang meliputi 29 program dengan investasi Rp173,6 miliar.

Investasi yang menjadi prioritas tahun depan, kata Novie, terkait dengan Upgrade ATC System, ATC Tower, Tower Set Modular Transportable, ADS-B yang meliputi peremajaan dan upgrade ADS-B di beberapa bandara di Indonesia.

Sumber : elshinta.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU