Kamis, 11 April 2024

Kehadiran Fintech Jawab Kebutuhan Petani, DanaRupiah Salurkan Pinjaman

ads-custom-5

Manado, BUMNInfo | Kemajuan teknologi membuat banyak sektor harus berinovasi dan mengejar ketertinggalan. Salah satunya adalah sektor keuangan, seperti pinjaman.

Itu sebabnya financial technology atau yang disingkat fintech kini hadir dengan sistem teknologi yang memudahkan proses pengajuan dan persetujuan pinjaman.

Mudah dalam artian, persyaratan dokumen lebih sederhana, tak perlu anggunan dengan nilai besar, tak perlu bertatap muka karena hanya membutuhkan handphone yang sudah diinstal aplikasi perusahaan, waktu persetujuan cepat, bisa hanya beberapa menit saja.

Hal tersebut dijelaskan CEO DanaRupiah Entjik Djafar, saat pelaksanaan penyaluran kredit produktif kepada 200 petani jagung di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

“Kegunaan hadirnya Fintech ya ini. Menjawab kebutuhan masyarakat termasuk petani terkait kredit atau pinjaman yang tidak ribet,” ujar Entjik.

Lanjutnya, apa yang dilakukan DanaRupiah juga merupakan wujud dari komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk petani, tapi yang sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini sehingga para petani tidak ketinggalan zaman di era industri digital.

“Pak Presiden Joko Widodo pernah menyebut, suatu saat para petani akan mengajukan pinjaman lewat internet jadi lebih mudah. Kami hadir untuk mendukung itu. Makanya kami ke Bolaang Mongondouw dan menyalurkan pinjaman produktif ini. Harapan kami, para petani makin sejahtera,” kata Entjik.

Kali ini, DanaRupiah menggandeng PT Karya Bangun Informasi (KBI) sebagai mitra setempat yang memberikan data petani penerima kredit, juga menjamin ketersediaan bibit dan pupuk.

KBI telah melakukan integrasi teknologi API (Application Programming Interface) data petani dengan platform DanaRupiah.

Pendanaan dari DanaRupiah ini juga sudah dilengkapi asuransi gagal panen dari mitranya yakni Asuransi Jasindo, dengan demikian akan mengurangi risiko dari kondisi yang tidak diharapkan, misalnya saat ada bencana.

Sumber: beritamanado.com

Foto: Sindonews.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU