Senin, 29 April 2024

Sedot Investasi Rp4,3 Triliun, PTPP Operasikan Tol Indrapura-Kisaran Sumut

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – PT PP (PTPP) mengoperasikan Jalan Tol Indrapura-Kisaran, Seksi Indrapura-Lima Puluh, di Gerbang Tol Lima Puluh, Batubara, Sumatera Utara (Sumut). Peresmian dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada acara itu, turut dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal PUPR Hedy Rahadian, Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid, Pj Gubernur Sumut Hasanudin, Pj Walikota Tebing Tinggi Syarmadani, Pj Bupati Batu Bara Nizhamul, Direktur Utama PT PP Novel Arsyad, dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.

Jalan Tol Indrapura-Kisaran, bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera, dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) garapan PTPP dengan periode pelaksanaan Desember 2018 hingga Januari 2024. Proyek itu, memiliki total nilai kontrak Rp4,3 triliun, dan panjang ruas 47,75 KM.

Presiden Jokowi mengatakan manfaat jalan tol tersebut meningkatkan konektivitas, dan aksesibilitas dari dan menuju Kawasan Danau Toba. Mempersingkat jalur logistik dari dan ke Pelabuhan Kuala Tanjung. Meningkatkan mobilitas dari Tebing Tinggi menuju Kisaran, Pematang Siantar hingga Parapat, dan meningkatkan konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

“Keberadaan ruas jalan tol itu, mempercepat waktu tempuh dari medan dan sekitarnya menuju Kisaran, dan Provinsi Riau, sehingga mendorong pertumbuhan perekonomian kawasan dan sekitarnya, peningkatan daya saing daerah, dan menciptakan lapangan kerja baru,” tutur Jokowi.

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan penyelesaian proyek jalan tol Indrapura-Kisaran, merupakan salah satu keberhasilan perseroan dalam mendukung pertumbuhan infrastruktur nasional sesuai standar kualitas, mutu, target, dan tetap memperhatikan safety dalam pengerjaan.

“Alhamdulillah, proyek jalan Tol Indrapura-Kisaran telah selesai, dan diresmikan Presiden RI Jokowi. Tentu, dengan penyelesaian PSN awal 2024, sebuah sukses, dan menjadi pengalaman baik dalam penyelesaian proyek serupa ke depan,” tegas Novel.

Saat ini, PT PP juga membangun proyek Jalan Tol Bayung-Lencir Tempino Seksi 2, proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket 3, dan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 1B, merupakan PSN. ”Berbekal pengalaman, dan kompetensi pengerjaan proyek jalan tol sebelumnya, perseroan optimis terus meningkatkan mutu, kualitas pengerjaan proyek, dan sesuai target telah diberikan,“ ucap Novel. (*)

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU