Senin, 15 Juli 2024

Setahun Diresmikan, ID FOOD Ungkap Pencapaian Holding BUMN Pangan

ads-custom-5

Jakarta, BUMN – Holding BUMN Pangan atau ID FOOD memasuki usia satu tahun usai diresmikan Kementerian BUMN pada 7 Januari 2022. Keberadaan holding diharapkan mampu menguatkan transformasi dan inovasi di sektor pangan dalam negeri. 

Direktur Utama ID FOOD, Frans Marganda Tambunan, memastikan pihaknya terus melakukan transformasi dan inovasi pangan baik di hulu dan hilir. 

 

Di hulu, ID FOOD bersinergi dengan stakeholders melalui Program Makmur. Di mana, sepanjang 2022 realisasi luas lahan yang digunakan mencapai 326.622 hektare (ha). Lahan tersebut diperuntukkan untuk padi, tebu, jagung, sawit, dan kopi. Adapun petani yang terlibat mencapai 173.486 orang.

Di hilir, adanya distribusi komoditas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satunya minyak goreng, di mana sepanjang 2022 ID FOOD telah menyuplai 90,56 juta liter minyak goreng di 6.500 titik lokasi di Indonesia. 

 

“Dukungan dan harapan kepada ID FOOD, sesuai tema yang diusung pada HUT yang pertama ini, kami mengajak seluruh masyarakat, pelaku usaha pangan dapat bersama-sama berkolaborasi dalam memajukan pangan Indonesia,” ungkap Frans, melalui keterangan tertulis, Senin (9/1/2023). 

Di luar program transformasi pangan, ID FOOD harus melakukan sejumlah aksi korporasi yang sudah ditugaskan Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya. Aksi tersebut meliputi divestasi, merger, dan akuisisi perusahaan pangan lainnya.

 

Aksi tersebut harus direalisasikan sepanjang 2022-2023. Namun, hingga saat ini belum ada keterangan resmi ihwal divestasi aset perusahaan mana saja yang dilakukan. Hal serupa juga berlaku bagi merger hingga akuisisi saham perusahaan lain.

Dari arahan Erick Thohir untuk refocusing bisnis, ID FOOD juga melaksanakan restrukturisasi anak dan cucu perusahaan dalam gelombang kedua (second wave) program transformasi Kementerian BUMN.

Adapun PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menjadi Induk Holding BUMN Pangan. Hal ini terjadi setelah pemerintah melalui Kementerian BUMN mengalihkan saham lima BUMN. 

Kelima BUMN yang dimaksud di antaranya PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Sang Hyang Seri, PT Perikanan Indonesia (Persero), PT Berdikari, dan PT Garam kepada

Pengalihan saham tersebut menandai resmi terbentuknya Holding BUMN Pangan dengan dilakukan penandatanganan Akta Inbreng saham pemerintah antara RNI dan kelima BUMN Pangan yang terselenggara pada Jumat, 7 Januari 2022.

 

Source : IDX Channel

Dokumentasi : 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU