Rabu, 19 Juni 2024

Siap Tangani Corona, RS Pertamina Jaya Upayakan Tes Drive-Thru

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) sudah menyiapkan diri untuk menjadi RS khusus penanganan Covid-19. RS binaan BUMN PT Pertamina Bina Medika atau Pertamedika ini akan menampung pasien dalam berbagai kategori, baik pasien dalam penanganan (PDP) ataupun pasien positif corona dari gejala ringan hingga berat.

 

Direktur Utama Pertamedika-IHC, dr. Fathema Djan Rachmat, menjelaskan, sebagaimana RS rujukan lain yang telah ditunjuk oleh pemerintah Indonesia, RSPJ akan menerima pasien yang dirujuk dari RS yang telah  memberikan penanganan pasien sebelumnya. Pihaknya telah menyediakan 160 kasur tambahan untuk passion Covid-19 sekaligus laboratorium pengecekan hasil tes swab.

 

Untuk melengkapi proses rujukan pasien, pihaknya membangun Crisis Center Covid-19 yang akan bertugas 24 jam di nomor telepon 0811 8110 9999.

 

“Sehingga untuk merujuk pasien, rumah sakit perujuk dapat menghubungi Crisis Center RSPJ yang juga akan berperan sebagai titik seleksi penanganan sesuai kategori kondisi pasien, pada level sedang, berat atau critical, untuk menentukan jenis penanganan dan perawatan intensif selanjutnya,” jelas Fathema.

 

Selain itu, RSPJ tengah menyiapkan aplikasi untuk melayani masyarakat yang ingin tes virus corona. Melalui aplikasi ini, masyarakat tak perlu kemana-mana, cukup lewat aplikasi nantinya petugas akan menghampiri untuk memeriksa.

 

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan teknis dari layanan tersebut dalam teleconference, Rabu (15/4).

 

“(RSPJ) lagi bikin aplikasi ini mereka untuk bisa tes swab nanti pakai drive thru, pakai janjian, lokasi mana misalnya, jam sekian dia akan datang ke pasiennya, akan disiapkan Pertamina Jaya,” tutur Arya.

 

Fathema menambahkan, penyediaan layanan drive-thru ini mejadi urgensi sebab melihat tingginya tingginya kebutuhan masyarakat akan tes atau screening Covid-19, sehingga pihaknya merasa bertanggung jawab untuk memfasilitasinya.

 

“Doakan kami bisa memberi pelayanan perawatan dan screening secara optimal kepada bangsa Indonesia, dan Drive-Thru Clinic atau Walk in Services Pemeriksaan Swab Covid 19 yang akan dapat kami launching dalam waktu dekat,” tutup Fathema.

Sumber: Industry.co.idDetik.com

Foto: Yonhap Korea

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU