Kamis, 2 Mei 2024

Cetak Laba Hingga 19T, BUMN Pupuk Beberkan Strateginya

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Berdasarkan laporan tahun 2022, PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil mencatatkan laba sebesar Rp19 triliun. Hal ini berkaitan dengan sentralisasi pemasaran yang dilakukan perseroan sebagai bagian dari transformasi bisnis yang dicanangkan Kementerian BUMN.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Bakir Pasaman mengungkapkan upaya sentralisasi ini semakin memperkuat kemampuan perusahaan beserta anak usaha dalam melayani dan mengamankan pasokan pupuk dalam negeri, khususnya pupuk bersubsidi maupun non subsidi.

Bukan hanya itu, strategi sentralisasi ini juga ampuh untuk memaksimalkan pendapatan perusahaan melalui peningkatan penetrasi pasar nasional maupun internasional, terhadap produk-produk komersil berjenis pupuk maupun non-pupuk.

Menurut Bakir, setelah perusahaan melakukan sentralisasi pemasaran pada 2021 terjadi peningkatan signifikan terhadap kinerja perusahaan.

“Kami masih menunggu hasil audit, namun pendapatan dan laba perusahaan alhamdulillah meningkat secara signifikan, di mana pada tahun 2022 kami berhasil mencapai pendapatan sekitar Rp103 triliun dengan laba kurang lebih Rp 19 triliun (unaudited), di mana 65% pendapatan berasal dari produk komersil dan non-pupuk. Dengan sentralisasi pemasaran ini, kami bisa mengoptimalkan penjualan perusahaan ke sektor komersil, terutama untuk penjualan amoniak dan urea baik itu dari segi tonase maupun mengoptimalkan harga jual,” kata Bakir dikutip dari Detikcom.

Penjualan pupuk ke sektor non-subsidi, khususnya ke konsumen retail dan korporasi, di tahun 2022 mencapai 4,08 juta ton atau 101% dari target dan penjualan produk non pupuk mencapai 1,45 juta ton atau 130% dari target.

“Perlu kami tekankan bahwa hal ini bisa kami lakukan dengan tetap memprioritaskan pasokan dalam negeri, baik kebutuhan pupuk bersubsidi maupun pupuk non subsidi atau produk-produk komersil,” tegasnya.

 

Sumber dan dok: detik.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU