Senin, 29 April 2024

2 BUMN Raksasa Susul PLN dan Telkom Masuk Bisnis Internet?

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Industri bisnis di bidang Internet semakin diramaikan oleh berbagai pemain baru. Tidak hanya dari pihak swasta, keikutsertaan dalam bisnis satu ini nyatanya juga mengundang ketertarikan dari dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang jika dilihat sekilas tidak memiliki keterkaitan langsung dalam keberadaan akses Internet.


Adapun belum lama ini PLN tepat pada awal bulan Juni lalu nyatanya ikut menghadirkan layanan ISP bernama ICONNET melalui anak perusahaannya, ICON+. Walau ikut masuknya PLN ke industri internet banyak mengundang kontra, namun tak sedikit pula yang menyambut baik langkah ini dan menganggap bahwa yang dilakukan dapat meningkatkan persaingan secara lebih sehat, terutama dalam hal berlomba memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat.

Kemudian Siapa 2 BUMN Baru?

1. Jasa Marga
Jasa Marga masuk ke bisnis internet melalui anak perusahaannya, yaitu Jasamarga Related Business (JMRB). Menekankan bahwa tidak terjun secara langsung, yakni memanfaatkan sarana yang mereka miliki untuk membangun dan menyediakan infrastruktur jaringan backbone fiber optic, yang pada tahap pertama kabarnya akan dilakukan di sepanjang Pulau Jawa.

JMRB ingin menyasar peluang bisnis yang ada dengan memanfaatkan infrastruktur jalan tol terpanjang di pulau Jawa untuk membangun infrastruktur fiber optic yang dapat digunakan oleh berbagai layanan ISP yang telah hadir di Indonesia dalam bentuk kerja sama kedepannya.

2. PGN
Berbeda dengan Jasa Marga dan lain halnya dengan Telkomsel serta PLN yang menghadirkan layanan internet untuk publik secara umum atau perorangan, PGN menghadirkan layanan ISP yang lebih berfokus untuk kebutuhan industri dan berbagai bentuk bisnis baik dalam skala kecil ataupun besar. Anak usaha dari Pertamina ini menghadirkan layanan internet yang diberi nama Gasnet, dan berada di bawah naungan PT Telemedia Dinamika Sarana. Gasnet sebenarnya bukan hal baru, mengingat layanan ini sebenarnya sudah hadir sejak tahun 2019. Kerap digunakan dalam berbagai kawasan industri besar layaknya kawasan industri Jababeka, kawasan industri Jatake, dan JIEP Pulogadung.

 
 
 
Image Source: media.suara.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU