Kamis, 23 Mei 2024

PT INKA Operasikan Emergency Medical Train (EMT) Dalam Penanganan Covid-19

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT INKA (Persero) telah mulai mengoperasikan Emergency Medical Train (EMT) atau kereta medik darurat. Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, mulai memanfaatkan kereta darurat buatan PT INKA ini untuk tempat isolasi pasien Covid-19 sebagai antisipasi kurangnya ruang. Sejumlah satu trainset digunakan sesuai permintaan Pemkot Madiun. 

Satu rangkaian kereta terdiri dari 48 bed. Dari jumlah tersebut terdapat 10 pasien Covid-19 yang sudah menempatinya. Dengan adanya rangkaian kereta ini, isolasi di Madiun diharapkan menjadi lebih cepat. Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Madiun, Drs. H. Maidi, SH, MM, MPd saat konferensi pers di kantor PT INKA, Sabtu (6/02/2021).

“Pasien covid ini tatkala tidak bisa mencari tempat mendadak. Oleh karena itu tempat-tempat yang masih kosong ini betul-betul kita siapkan kalau nanti dari masyarakat ada yang terpapar, tempat ini sudah kita siapkan secara medis dan protapnya juga kita siapkan,” ujar Maidi.

EMT mempunyai kelebihan berupa adanya perangkat negative pressure. Alat tersebut berbentuk kipas yang menyedot udara dari dalam kereta. Udara yang disedot tersebut dikeluarkan melewati HEPA (high-efficiency particulate air) filter, sehingga virus tidak akan keluar, sedangkan udara dari luar akan tetap masuk. Secara operasional juga dipisahkan areanya dengan area karyawan mulai dari rute ambulan masuk hingga ke area kereta. Pada luar kereta juga tersedia area rekreasi dan olahraga untuk para pasien.

 

Sumber: bumn.go.idregional.kompas

Foto: Dok. Pemkot Madiun

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU