Jumat, 19 April 2024

Laba dan Kualitas Pembiayaan BRI Syariah Meningkat

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Bank BRI Syariah Tbk mencatat pertumbuhan laba bersih pada kuartal III-2020 sebesar 238% menjadi Rp 190,5 miliar, dibandingkan periode sama tahun lalu.

“Peningkatan laba bersih BRI Syariah di triwulan III tahun 2020 didukung oleh optimalisasi fungsi intermediari yang diikuti dengan pengendalian beban biaya dana,” ungkap Direktur Utama BRI Syariah Ngatari dalam keterangan tertulis, Senin (26/10/2020).

Dari sisi aset, BRI Syariah mencatatkan pertumbuhan sebesar 51,4%, sejumlah Rp 56 triliun pada triwulan III-2020, dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Pada triwulan III-2020, BRI Syariah juga mengalami peningkatan penyaluran pembiayaan sebesar 57,9%, sebesar Rp 40 triliun year on year (YoY).

“Pertumbuhan pembiayaan yang signifikan ditopang oleh segmen ritel (SME, Mikro dan Konsumer) untuk memberikan imbal hasil yang lebih optimal,” kata dia.

Di sisi lain, pembiayaan didominasi oleh sektor konsumer, yang mencapai Rp 12,2 triliun atau tumbuh sebear 53,77% secara tahunan. Sementara untuk penyaluran pembiayaan mikro, BRI Syariah mencatatkan pertumbuhan 185% atau sebesar Rp 10,9 triliun. Pembiayaan KUR yang masuk di segmen mikro mencatat pertumbuhan positif, yakni mencapai 95% dari target total di 2020, Rp 4,5 triliun.

“Alhamdulillah di bulan September 2020 kami telah menyalurkan Rp 4,3 triliun. Artinya hampir tercapai 100 persen dari target,” lanjut Ngatari.

BRI Syariah juga mencatatkan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK), sebesar 72,7%. Dalam penghimpunan dana, BRI Syariah fokus dalam meningkatkan dana murah (CASA) dengan peningkatan sebesar 135% yoy. Peningkatan CASA ini bertujuan agar BRI Syariah dapat mengendalikan biaya dana (cost of fund).

“DPK meningkat ditopang oleh pertumbuhan dana murah (giro dan tabungan) sejalan dengan strategi pengendalian beban biaya dana. Peningkatan dana murah yang mencapai mendorong penurunan biaya dana atau cost of fund,” ujar dia.

Sumber: Bisnis.comKompas.com

Foto: dok. BRI Syariah

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU