Jumat, 3 Mei 2024

Dua Anak Perusahaan Adhi Karya Kembali Tunda IPO Karena Pandemi

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Adhi Karya (Persero) Tbk kembali menunda rencana penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) untuk dua anak usahanya, PT Adhi Commuter Properti (ACP) dan PT Adhi Persada Gedung (AGP). Penundaan itu terjadi karena pandemi Covid-19, maka dari itu agenda tersebut akan diundur hingga 2021.

 

Pelepasan saham perdana dua anak perusahaan itu mengalami dua kali penangguhan. Semula, IPO untuk ACP dan AGP akan dilakukan pada 2019, namun ditunda pada 2020. Setelah adanya pandemi, perseroan kembali menunda sampai tahun depan. Ia berharap setelah penemuan vaksin, perekonomian mulai bergeliat.

 

“Dua IPO kita tunda ke tahun 2020, tetapi karena situasinya begini, juga kita tunda lagi ke tahun depan,” kata Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi dalam acara webinar Meet the Leaders yang digelar FBE Universitas Islam Indonesia, Sabtu (10/10/2020).

 

Faktor ekonomi diakui telah mempengaruhi kinerja perusahaan sejak 2019. Tahun lalu, dorongan eksternal adanya perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China membuat situasi dalam negeri tertekan. Imbas perang dagang telah mempengaruhi capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih rendah dari yang diproyeksikan sebelumnya. Situasi tersebut turut berdampak bagi perusahaan.

 

“Inilah pengaruh lingkungan baik eksternal maupun regional, dan sekarang pandemi ini, ini pun kalau kita salah mengantisipasi bisa mengakibatkan rontoknya perusahaan atau jatuhnya perusahaan untuk bisa berkembang ke berikutnya,” papar Entus.

 

Selain harus menunda IPO 2 anak usahanya, penerbitan obligasi perusahaan pada 2019 juga tak mencapai target.

 

“Untuk bonds yang diterbitkan juga tidak mencapai target Rp 2 triliun tapi hanya Rp 1 triliun ini juga karena disebabkan oleh faktor ekonomi,” tandasnya.

 

Sumber: Tempo.coDetik.com

Foto: Istimewa

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU