Senin, 20 Mei 2024

Pertamina Bekerjasama Dengan Bukit Asam Tekan Impor Gasoline

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Pertamina melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT Bukit Asam (PTBA). Kerjasama tersebut merupakan komitmen dua BUMN untuk mengembangkan hilirisasi produk.

Direktur Perencanaan Investasi Manajemen Risiko (PIMR) Pertamina Heru Setiawan Pertamina berencana menjajaki potensi itu sebagai pembeli atas produk yang dihasilkan melalui pengembangan proyek. Perkiraan komitmen volume atas produk sebanyak 1 juta ton per tahun. Produk tersebut akan digunakan sebagai bahan pencampuran gasoline sehingga mengurangi impor produk gasoline.

“Kerja sama ini merupakan salah satu upaya Pertamina bersama PTBA memberdayakan sumber daya domestik. Saat ini banyak batubara dengan kalori rendah di PTBA yang tidak terkomersialisasi. Kami sepakat sumber daya alam ini dikomersialisasikan menjadi methanol yang bermanfaat untuk mensubtitusi gasoline dan GMT,” ujar Heru, Ahad (22/3).

PTBA menjajaki potensi pengembangan batubara menjadi methanol melalui proses hilirisasi batubara yang dilaksanakan di Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) Batubara milik PTBA di Indonesia. “Keuntungan bagi negara adalah kerja sama ini akan mereduksi impor gasoline. Selain itu, harga methanol lebih murah di bawah harga gasoline impor. Kalau ini berhasil diterapkan, kita bisa menghemat biaya produksi gasoline,” kata Heru.

Kedua perusahaan akan bekerja sama dalam persiapan proyek dengan menyusun kajian lengkap terutama aspek teknik dan keekonomian. Selain itu, kedua belah pihak juga akan menyusun struktur bisnis yang dinilai paling optimal dalam pengembangan proyek.

Sumber: republika.co.id

Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU