Jumat, 19 April 2024

KAI dan Damri Sediakan Transportasi Nyaman ke Bandara YIA Kulon Progo

ads-custom-5

Yogyakarta, BUMNInfo | Yogyakarta International Airport atau Bandara YIA di Kulon Progo akan resmi beroperasi secara penuh pada 29 Maret mendatang. Segala persiapan telah dirampungkan untuk memboyong penerbangan pesawat komersial dari bandara lama yakni Adi Sutjipto. Menyongsong pembukaan tersebut, pihak PT Angkasa Pura I (Persero) telah bekerja sama dengan sejumlah layanan transportasi untuk menyediakan moda yang nyaman dan cepat untuk sampai dari dan ke pusat kota atau ke bandara ini.

Adapun beragam jenis transportasi multi-moda tersebut yaitu airport shuttle yang disediakan oleh Damri dan SatelQu, taksi berargo, angkutan sewa khusus, dan kereta api untuk menuju pusat Kota Yogyakarta dan beberapa daerah di sekitar Provinsi Yogyakarta seperti Cilacap, Kebumen, Purwokerto, Purworejo, Banjarnegara, Wonosobo, dan lainnya.

“Dukungan transportasi multi-moda ini merupakan upaya Angkasa Pura I bersama para pemangku kepentingan transportasi darat lainnya, baik regulator dan operator layanan transportasi, untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang yang melakukan perjalanan udara melalui YIA. Diharapkan, kemegahan serta nilai seni dan budaya di YIA yang dilengkapi dengan dukungan sarana transportasi multi-moda akan memberikan pengalaman perjalanan yang berkesan bagi para pengguna jasa bandara,” tutur Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Airport Shuttle Damri

Airport shuttle yang disediakan oleh Perum Damri sejatinya sudah melayani sejak April tahun lalu ketika Bandara YIA masih operasional parsial. Mulanya hanya terdapat empat rute, namun untuk mengantisipasi pembukaan penuh, Damri kemudian menambahkan beberapa trayek baru. General Manager Perum DAMRI Cabang Yogyakarta Rahmat Santoso mengatakan penambahan rute tersebut diluncurkan pada 30 Januari 2020.

“Perum DAMRI akan menambah trayek dan jumlah armada yang launching pada Kamis, 30 Januari 2020 dengan lima rute,” kata Rahmat.

Moda tersebut dapat dinaiki di beberapa titik keberangkatan, dengan waktu tempuh yaitu:

  • Bandara Adisutjipto – YIA (PP), waktu tempuh 2 jam
  • Malioboro – YIA (PP), waktu tempuh 1,5 jam
  • Ambarketawang – YIA (PP), waktu tempuh 1 jam

Adapun titik keberangkatan Damri menuju YIA yaitu Bandara Adisutjipto, Pool Damri, Jalan Affandi, Galeria Mall, Bundaran UGM, Sleman Citi Hall, Candi Borobudur, Grand Inna Malioboro, Hotel Limaran, Rest Area Ambar Ketawang, Stasiun Wojo, dan Kebumen.

Biaya yang diberlakukan oleh Damri kepada pelanggan untuk menuju atau berangkat dari YIA yaitu berkisar antara Rp 25.000,- hingga Rp 70.000,-, bergantung pada jarak tempuh. Sedangkan jam operasionalnya yakni sejak pukul 03.00 hingga 20.00 WIB dengan interval waktu berangkat (headway) selama 30 menit sekali di titik keberangkatan Ambarketawang dan Stasiun Maguwo (Bandara Adisutjipto).

KA Bandara YIA

PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga telah menyediakan layanan kereta api khusus ke Bandara YIA sejak April 2019. Rute yang disediakan adalah Stasiun Tugu Yogyakarta – Stasiun Wates – Stasiun Wojo.

Menjelang persiapan operasional penuh YIA pada Maret 2020, Kepala PT KAI DAOP 6 Yogyakarta, Eko Purwanto, menginginkan adanya jalur sendiri bagi KA Bandara agar lalu lintas KA di jalur tersebut tidak terlalu padat.

“Saat ini kan jalurnya masih tercampur dengan KA reguler, dikhawatirkan nanti akan terjadi kejenuhan kapasitas lintas,” kata Eko.

Dalam pengembangan fase berikutnya, nantinya KA Bandara YIA akan memiliki jalur sendiri, sekaligus akan dibangun stasiun yang dekat dengan terminal penumpang sehingga akan memudahkan mobilisasi penumpang pesawat.

Untuk saat ini, penumpang dapat menggunakan kereta api yang terbagi ke dalam dua jenis, yaitu Kereta Api (KA) Bandara dan KA Prambanan Ekspress (Prameks), dengan waktu tempuh 45 menit hingga 60 menit.

Untuk rute keberangkatan KA Bandara yaitu Stasiun Yogyakarta – Stasiun Wates – Stasiun Wojo dengan estimasi biaya Rp 25.000,-. Sedangkan rute keberangkatan KA Prameks yaitu Stasiun Maguwo – Stasiun Lempuyangan – Stasiun Yogyakarta – Stasiun Wates – Stasiun Wojo. Dari Stasiun Wojo, YIA dapat ditempuh 10 menit menggunakan shuttle bus Damri.

Dengan beragam pilihan transportasi darat dari dan menuju YIA, maka akan semakin memudahkan perjalanan penumpang dari dan ke Yogyakarta.

 

Sumber: detik.comTribunJogja

Foto: istimewa

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU