Sabtu, 25 Mei 2024

PGN Siapkan 3 Strategi Kembangkan Jargas Rumah Tangga di 2020

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk berkomitmen mendorong pemanfaatan gas bumi baik bagi industri maupun untuk kebutuhan rumah tangga. Sebagai sub-holding gas dan pionir pemanfaatan gas bumi di Indonesia, PGN secara khusus mendorong percepatan dan perluasan penggunaan gas bumi untuk rumah tangga lewat program pembangunan jaringan gas rumah tangga (Jargas).

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan pengembangan jaringan gas rumah tangga dilakukan melalui 3 strategi. Langkah pertama dilakukan lewat kerjasama dengan Kementerian ESDM melalui pemanfaatan alokasi dana di APBN. Kedua, secara internal, PGN memiliki program jargas yang dibiayai secara mandiri oleh perusahaan. Ketiga dengan melibatkan investor dalam pembangunan jargas.

“Tahun 2020, rencana konstruksi jargas yang menggunakan dana APBN akan dibangun di 49 kabupaten/kota sebanyak 266.070 SR. Sedangkan dana mandiri PGN sebanyak 50.000 SR dan kerjasama dengan investor sebesar 500.000 sambungan,”ujar Gigih saat ditemui di Jakarta, Kamis (26/12).

Menurutnya, komitmen PGN adalah terus membantu dan bersama pemerintah memperluas pemanfaatan gas bumi ke berbagai segmen pelanggan, termasuk rumah tangga. “Kami percaya bahwa gas bumi sebagai energi yang ramah lingkungan, efisien, kompetitif dan sumbernya sangat besar di dalam negeri, sangat tepat untuk mewujudkan kedaulatan energi nasional,” tegas Gigih.

Pada saat ini harga Jargas golongan Rumah Tangga 1 atau pun Pelanggan Kecil 1, berada di kisaran Rp 4.250 per M3. Harga ini masih lebih rendah dibandingkan Harga LPG 3 kg yang disubsidi yaitu sekitar Rp 5.000 per M3.

Sumber : www.jawapos.com

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU