Minggu, 23 Juni 2024

ADHI Cetak Longspan Terpanjang di Dunia

ads-custom-5

Struktur Konstruksi Bentang Panjang

Bentang panjang menjadi salah satu struktur dengan tingkat kerumitan yang berbeda, baik pengerjaan atau metodenya dengan struktur yang berada di area jalan utama ataupun di jalan tol.

Pada struktur bentang panjang, jenis girder yang digunakan adalah Box Girder dan U-Box Girder. Box Girder digunakan pada alignment yang berkelok atau tikungan dan pembuatannya dilakukan secara cast in situ atau dibuat atau dicor di lokasi proyek. Box girder seperti balok-balok penopang utama yang berbentuk trapesium berongga.

 

1

Struktur Box girder pada Longspan Ciliwung

 

Pada alignment yang lurus, struktur bentang panjang menggunakan U-Box Girder yang pembuatannya dilakukan di pabrik beton pracetak dan diangkat menggunakan crane ataupun lifter. Nah, untuk U Box girder bentuknya menyerupai U-Shape Girder, namun terdapat rongga pada strukturnya. U Box girder merupakan kombinasi antara U-Shape Girder dan Box girder.

Bentang Panjang yang menggunakan Box Girder ini digunakan untuk menyebrangi jalan raya melintang, tepatnya pada lintas pelayanan LRT Jabodebek yang terletak di Cililitan, menyebrangi Tol CTC (Cawang-Tomang-Cengkareng). Sedangkan penggunaan U Box Girder digunakan pada bentang panjang yang menyebrangi sungai, tepatnya pada Kali Bekasi.

2

Struktur U-box girder di Proyek LRT Jabodebek
 

Proses Konstruksi Longspan LRT Jabodebek

 
3
Proses pemasangan U-box girder dengan menggunakan launching gantry
 

Dalam proses pembuatan struktur bentang panjang LRT Jabodebek, sistem peluncur atau launching gantry menjadi alat berat yang berperan untuk mendukung proses pengerjaan. Launching gantry, alat berat yang memiliki kaki pendukung untuk gerakan longitudinal, kaki depan dan kaki belakang sebagai penopangnya, Lifting Troley sebagai pengangkat girder, Dropping Troley untuk meletakan girder, serta sistem hidraulik dan kelistrikan.

Sebelum proses menggabungkan girder pada bentang panjang, baik U Box maupun Box girder, umumnya, akan diangkat oleh launching gantry dengan lifting troley dan diposisikan sejajar antara satu dengan yang lain. Kemudian, penegang sementara dipasangkan di concrete lifter pada bagian dalam girder. Penegang ini berfungsi sebagai jangkar antar girderLalu, direkatkan dengan olesan epoksi dan dilakukan stressing atau penarikan dengan hidraulik.

Setelah rangkaian girder sudah terpasang, selanjutnya adalah pemasangan strain atau kabel penegang permanen yang diikuti dengan pemasangan anchor block, wedges serta hidraulik cains. Setelah semua terpasang dengan benar, penarikan permanen dilaksanakan. Kemudian, rangkaian girder yang dirakit lebih tinggi diturunkan dan disambungkan pada rangkaian segmen sesuai posisinya.

Longspan Terpanjang Sudah Terpasang

 

LRT-3-01

Saat ini kemajuan proyek LRT Jabodebek semakin terasa progressnya. Salah satu yang paling telihat adalah terpasangnya bentang panjang atau longspan di Lintas Pelayanan 1 Cawang-Cibubur. Di Lintas Pelayanan tersebut, terdapat beberapa longspan, yakni longspan JORR dan longspan Cililitan yang telah terpasang pada 29 Maret 2019. Dengan rampungnya pekerjaan struktur longspan yang terbentang sepanjang 14.89 km, maka proyek LRT Jabodebek pada Lintas Pelayanan 1 dari Cibubur hingga Cawang sudah tersambung. Begitupun dengan longspan Cikoko pada Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas yang juga telah tersambung pada waktu bersamaan. 

Longspan Cililitan sepanjang 54-90-54 meter menggunakan struktur Box-Girder dalam pembangunannya. Sedangkan pada Longspan Cikoko yang membentang di atas KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat memiliki panjang 54-90-54 meter dengan struktur Box-Girder.

Sementara perlu diketahui, Longspan JORR yang terletak di atas jalan Tol JORR ini berhasil meraih prestasi baru dalam pembangunan jembatan longspan karena menjadi longspan terpanjang di dunia, mengalahkan struktur longspan di Dubai dengan panjang 74 meter. Hal ini dikarenakan longspan yang dibangun dengan U-Box Girder tersebut memiliki panjang 90 meter.

Masih ada satu longspan lagi yang belum terpasang, yakni Longspan Kuningan. Progress pembangunan longspan ini masih berlanjut, dan akan menjadi capaian baru bagi ADHI juga.

 

Kyt, BUMNInfo

 

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU