Kamis, 2 Mei 2024

Kembangkan 3 Daerah, Borobudur Siapkan Wisata Terintegrasi

ads-custom-5

Kulon Progo, BUMNinfo | Badan Otorita Borobudur (BOB) akan mempersiapkan warga di sekitar lokasi wisata Borobudur untuk memenuhi standar penyambutan wisatawan. Saat ini BOB dalam menjalani proses untuk berubah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) agar bisa berfokus pada pendapatan dan belanja.

Hal ini, untuk menunjang pariwisata dan wisatawan, ditambah Kulon Progo dan Purworejo menjadi pintu masuk wisatawan setelah adanya bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Direktur Utama BOB Indah Juanita mengatakan selama proses menjadi BLU pihaknya selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Magelang, Purworejo dan Kulonprogo untuk membuat jalur ke lokasi kawasan Badan Otorita Borobudur. Setelah itu akan dibangun entrance atau pintu masuk dari tiga kabupaten itu sebagai ujung tombak pertumbuhan ekonomi di mana di sekitar entrance akan ada potensi sumber pendapatan.

Indah memaparkan berbagai program koordinatif sedang terus dijalankan. Seperti membuat kajian tracking dan offroad dari Borobudur ke Magelang, Purworejo dan Kulonprogo. Karena itu BOB juga sedang mendata penduduk yg berpotensi di luar kawasan Borobudur yang dapat digandeng untuk membentuk simpul-smpul aktivitas pariwisata.

Indah menjelaskan saat menjadi BLU, nantinya BOB akan mengajukan dana perbaikan untuk toilet warga dan memberi peralatan dapur yang memadai. Konsep peralatan dapur untuk menjamu wisatawan pun didesain dengan tradisional agar wisatawan tetap merasakan keasrian dan keaslian suasana pedesaan.

Ia menambahkan untuk pengembangan ke depan pihaknya berencana menggandeng tiga investor dalam bidang akomodasi. Pada tahap awal untuk pembangunan lahan di kawasan BOB yang ada di Jawa Tengah.

Indah menjelaskan juga untuk tugas koordinatif, BOB akan terus berkoordinasi dengan PT TWC mengenai penataan lingkungan di sekitar Candi Borobudur. Tiga kawasan penunjang sekarang mulai dibenahi.

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU