Kamis, 20 Juni 2024

Peduli Lingkungan, PT Semen Tonasa Gerakan Pengelolaan Sampah

ads-custom-5

Sulawesi Selatan, BUMNinfo | PT Semen Tonasa memperingati Hari Bumi Internasional dengan melaksanakan penanaman bibit pohon dan penebaran benih ikan di Danau Cinta, kawasan Tonasa Park, Minggu (28/4/19). Khusus untuk pohon yang ditanam sebanyak 545 bibit.

Penanaman pohon

Direktur Utama PT Semen Tonasa, Subhan mengatakan, Semen Tonasa sebagai perusahaan industri semen, sangat peduli terhadap isu lingkungan. Kehadiran industri, menurut dia, bukan hanya mengejar keuntungan ekonomi semata. Akan tetapi, bagaimana perusahaan industri itu bisa peduli terhadap kawasan lingkungan.

Ia berharap, PT Semen Tonasa bisa menjadi perusahaan yang berkelanjutan atau sustainable business. Dimana, perusahaan tidak hanya menjalankan roda perusahaan demi keuntungan semata, tetapi juga untuk menjaga lingkungan dan memenuhi kebutuhan masa depan generasi penerus.

Penebaran benih ikan

Selain penanaman pohon, Tonasa juga bergerak pada pengelolaan sampah, khususnya sampah plastik dengan membentuk bank sampah dengan bekerjasama dengan berbagai komunitas.

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah.

Penasehat KIKST Hastuti Subhan menguraikan, pada dasarnya manajemen bank sampah mengadopsi prinsip bank pada umumnya. Bedanya pada bank umum yang ditabung adalah uang, sedangkan pada bank sampah yang ditabung adalah sampah anorganik yang mempunyai nilai ekonomi yang kemudian ditukar dalam bentuk uang yang ada didalam buku tabungan nasabah.

Banyak nilai positif dari Bank Sampah, selain bernilai ekonomi, lingkungan juga menjadi bersih dan terwujud masyarakat yang sehat, tambahnya.

Sumber : Sementonasa.co.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU