Minggu, 3 Desember 2023

Debu batu Bara dijadikan Pupuk Silika oleh PT PLN!

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Debu batu bara atau fly ash bottom ash (FABA) kini dijadikan sebagai pupuk silika oleh PT PLN Indonesia Power (PLN IP) PLTU Ombilin. Pupuk ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar pembangkit di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, untuk memupuk tanaman padi, jagung, bawang, dan cabai.

Chandra Indrawanto selaku Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sumatera Barat mengapresiasi terobosan PLN IP PLTU Ombilin dan mengatakan pupuk silika, yang terbuat dari FABA bermanfaat untuk petani di sekitar pembangkit.

Menurut Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan FABA yang dimanfaatkan menjadi pupuk silka ini adalah lanjutan dari keberhasilan PLTU Ombilin sebelumnya yang mengolah FABA untuk menetralisasi asam tambang.

Menurut dia, hal tersebut merupakan upaya PLN IP yang terus melakukan inovasi di semua lini, salah satunya dari sisi tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dengan menciptakan creating shared value (CSV) bagi korporasi maupun masyarakat, sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan ekonomi, sosial, kesehatan, dan lingkungan.

“PLN hadir melalui program TJSL PLN Peduli yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power, apa yang kami lakukan di Ombilin diharapkan dapat menciptakan CSV, sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) seperti pupuk silika PLTU Ombilin, yang dimanfaatkan masyarakat petani sekitar pembangkit,” ujarnya

Selanjutnya PLN akan terus meningkatkan programnya, karena selain dapat mensejahterakan masyarakat sekitar, ini juga merupakan wujud implementasi PLN terkait aspek environmental, social & governance (ESG).

Standar dari pupuk silika sudah terpenuhi seperti standar mutu SiO2 dengan minimal enam persen berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian tentang Persyaratan Teknis Minimal Pupuk Anorganik.

Untuk izin edar juga telah didapatkan dengan merek Ombilin dari Menteri Pertanian bernomor pendaftaran 01.03.2023.1282 pada 8 Mei 2023. “Dengan terdaftarnya Pupuk Ombilin, pupuk silika dari PLTU Ombilin ini terbukti aman untuk tanaman dan dapat beredar di pasaran,” tambah Edwin.

source: detik.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU