Kamis, 2 Mei 2024

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, atau SPKLU khusus angkot listrik di Kota Bogor.

Kerja sama ini digelar guna menunjang Pemkot Bogor yang tengah menyelenggarakan uji coba terhadap 5 unit Angkutan Umum Perkotaan Berbasis Listrik di Kota Bogor (ALIBO) sejak 4 April-3 Juli 2024.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, kehadiran angkot listrik Alibo ini menjadi era tranformasi angkutan umum di Kota Bogor. Demi memastikan kelancaran, Pemkot Bogor berkolaborasi dengan PLN dalam menyediakan SPKLU khusus sebagai tempat isi ulang angkot listrik komersial pertama yang beroperasi di Indonesia tersebut.

“Salah satu yang fenomenal dari angkot di Kota Bogor ialah polusinya ya angkot sudah bangkotan, angkot sudah reot dibiarkan beroperasi, susah sekali menghentikannya polusi dan lain-lain. Ini adalah reformasi dari era baru Kota Bogor dan ke depannya hanya ada Biskita Trend dan angkot listrik, itu clear,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (19/4/2024).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menambahkan, pihaknya menambah SPKLU di Bogor khusus untuk melayani kebutuhan pengisian daya angkutan umum berbasis listrik di wilayah tersebut.

“Fokus PLN tidak hanya terhadap kendaraan listrik pribadi, tetapi juga mendukung angkutan umum berbasis listrik dengan terus menyediakan infrastruktur yang memadai. Salah satunya kehadiran SPKLU untuk angkot listrik di wilayah Kota Bogor ini,” ujar Darmawan.

Darmawan meyakini, kehadiran angkutan umum berbasis listrik ini akan turut mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan target Net Zero Emissions di tahun 2060 sekaligus juga mendukung ketahanan energi nasional.

“Jika uji coba angkutan umum perkotaan berbasis listrik di Kota Bogor ini berhasil, tentu ini akan menjadi contoh penerapan angkutan umum listrik lainnya di wilayah lainnya dan PLN siap mendukungnya,” kata Darmawan.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU