Senin, 29 April 2024

Pertamina Fokus Selesaikan Proyek Kilang Baru Terbesar di Indonesia

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – Pertamina tengah fokus menyelesaikan Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan. Proyek tersebut memasuki milestone baru yaitu program Turn Around (TA) Revamp yang ditargetkan selesai di awal Mei 2024.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, program TA Revamp bertujuan untuk mengintegrasikan unit kilang eksisting dengan unit kilang baru hasil pelaksanaan proyek RDMP.

Keberhasilan proyek RDMP Balikpapan akan menaikkan kapasitas produksi Kilang Balikpapan sebesar 100 ribu barrel per hari. Artinya, kapasitas produksi Kilang Balikpapan akan menjadi 360 ribu barrel per hari dari kapasitas awal 260 ribu barrel hari.

“Kami semua mendoakan dan support penuh agar proses pengerjaan revamping, yang merupakan milestone penting dari proyek RDMP ini untuk menambah kapasitas, berjalan dengan lancar,” kata Nicke dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (4/4/2024).

Dia menambahkan tidak mudah membangun proyek sebesar dan sekompleks ini. Namun, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional serta seluruh tim yang terlibat telah membuktikan bahwa melalui komitmen penuh dan dengan kerjasama yang kuat mampu mengatasi menjawab tantangan yang ada.

“Kami berkomitmen menyelesaikan proyek ini karena sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia. Proyek ini akan memberikan nilai tambah yang besar untuk perekonomian Indonesia. Pertamina bangga memiliki proyek sebesar ini” ungkap Nicke.

Saat RDMP Balikpapan tuntas, maka akan menjadi kilang minyak terbesar di Indonesia. Kapasitas Kilang Balikpapan akan melampaui Kilang Cilacap, yang saat ini menjadi kilang yang terbesar.

Saat ini Kilang Cilacap mengolah 345 ribu barel minyak per hari (bph). Sementara Kilang Balikpapan ini nantinya bisa mengolah minyak mentah sebesar 360 ribu bph. Selain menaikkan kapasitas pengolahan minyak, akan ada tambahan produksi produk petrokimia hingga 225 ribu ton per tahun.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU