Jumat, 26 April 2024

CEO Freeport Sambangi Kementerian ESDM Bahas Tambang dan Smelter Gresik

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – Chief Executive Officer (CEO) Freeport-McMoRan Inc (FCX) Richard C. Adkerson dikabarkan melakukan kunjungan ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Selasa (26/3).

EVP External Affairs PT Freeport Indonesia Agung Laksamana, membenarkan kabar soal kunjungan ini ketika dikonfirmasi Kontan.

“(Kunjungan) ke kantor Menteri ESDM,” kata Agung kepada Kontan, Selasa (26/3).

Agung melanjutkan, ada sejumlah topik yang dibahas bersama pemerintah antara lain operasional tambang dan proyek smelter Gresik.

“Membahas update operasional tambang kita di hulu dan juga progres terkini dari PTFI smelter di Gresik,” jelas Agung.

Sebelumnya, Pemerintah kini tengah berfokus merampungkan revisi Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara untuk memberikan perpanjangan izin kontrak PT Freeport Indonesia (PTFI).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, saat ini proses revisi masih berlangsung.

“Sedang diselesaikan lah, mudah-mudahan cepat. (Revisinya) kepastian perpanjangan usaha izin pertambangan, itu saja. Kan kalau mau menambang harus tahu dulu dia kalau ditambang ada isinya apa tidak, jadi keluar duitnya cukup apa tidak. Keekonomiannya kan,” jelas Arifin.

Arifin mencontohkan, salah satu perhitungan yang dilakukan yakni memastikan kebutuhan konsentrat tembaga mencukupi untuk diolah pada fasilitas smelter yang dimiliki.

“Ini kan tinggal menunggu revisi sedikit, ini sudah dibahas lama 1-2 tahun yang lalu,” sambung Arifin.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU