Kamis, 25 April 2024

Tingkatkan Keandalan Pasokan Listrik Hadapi Cuaca Ekstrem, PLN UP3 Surakarta Lakukan Kegiatan Pemeliharaan Jaringan

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – PT PLN (Persero) tingkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca ekstrem yang melanda wilayah Solo Raya akhir-akhir ini. Hujan lebat yang disertai angin kencang yang terjadi belakangan ini tak jarang mengakibatkan gangguan distribusi aliran listrik yang berdampak padamnya beberapa wilayah.

Sebut saja tiang roboh akibat pohon yang menimpa jaringan di daerah Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar yang menyuplai sampai daerah Gilirejo, Miri, Sragen. Juga baliho yang mengenai jaringan di daerah Jajar Kota Surakarta dan gangguan di beberapa titik lainnya pada Senin, 26 Februari 2024 kemarin.

Menghadapi hal tersebut, PLN meningkatkan kewaspadaan melalui sinergi dengan stakeholder terkait seperti Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten, Polisi, TNI, BPBD dan Relawan Siaga Bencana. Sinergi tersebut bertujuan untuk mempercepat recovery atau pemulihan titik-titik yang terdampak gangguan akibat bencana.

Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta Muhammad Khadafi menyampaikan dengan sinergi yang dilakukan, seluruh gangguan dapat segera dinormalkan sehingga masyarakat kembali dapat menikmati listrik dengan nyaman.

“Sebagai langkah preventif dalam mengamankan jaringan listrik, PLN bekerjasama dengan stakeholders telah melakukan pengamanan pohon, perbaikan maupun penggantian komponen jaringan distribusi listrik serta menghimbau masyarakat untuk tidak memasang benda ataupun peralatan mendekati jaringan listrik seperti baliho, bangunan, bendera dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Menurut Khadafi PLN sudah melakukan pengamanan dan pemeliharaan jaringan dengan perabasan pohon yang mendekati jaringan, perbaikan maupun penggantian komponen jaringan distribusi agar Jaringan PLN tetap andal meskipun menghadapi cuaca ekstrem.

Lebih lanjut Khadafi menambahkan pihaknya rutin menerjunkan 154 petugas yang tersebar di enam unit kerja PLN UP3 Surakarta yang meliputi Kota Surakarta, Kabupaten Sragen, sebagian Kabupaten Karanganyar dan sebagian Kabupaten Sukoharjo untuk melaksanakan upaya preventif ini.

Khadafi juga menghimbau kepada Masyarakat untuk ikut serta menjaga jarak aman jaringan listrik dari pohon dan benda lainnya minimal 3 meter dan juga segera melaporkan kejadian yang mengakibatkan terganggunya aliran listrik melalui aplikasi PLN mobile maupun Contact Center PLN di 123. PLN UP3 Surakarta berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui kehandalan jaringan.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU