Senin, 15 Juli 2024

DAMRI Resmi Melayani Rute Baru Terminal Palbapang – Yogyakarta Internasional Airport (YIA)

ads-custom-5

Mulai hari Kamis (17/9) DAMRI resmi melayani rute Terminal Palbapang, Bantul menuju Yogyakarta Internasional Airport (YIA), sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memperkuat jaringan transportasi darat sekaligus mendukung peningkatan perekonomian kawasan pariwisata di Yogyakarta.

 

Dengan demikian, memberikan harapan untuk dapat mengakomodir kebutuhan perjalanan darat bagi penumpang yang berasal dari Kabupaten Bantul menuju Yogyakarta International Airport (YIA) lebih mudah. Peresmian ini turut dihadiri oleh Bupati Bantul Suharsono, Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis DAMRI Sandry Pasambuna, Area Manager Divre II Semarang Panca Heru, General Manager Cabang Yogyakarta Rahmat Santoso, dan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara YIA Agus Pandu Purnama serta para pejabat tinggi lainnya.

 

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Perum DAMRI Sandry Pasambuna memastikan layanan ini sebagai wujud komitmen perusahaan untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Jalur Terminal Palbapang- Bandara YIA ini nantinya akan membangkitkan ekonomi kawasan pariwisata di Bantul. Mengingat belum terdapatnya layanan angkutan yang langsung menghubungkan Bandara YIA dengan obyek wisata di Bantul. 

 

“Dibukanya jalur ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga Bantul,” jelas Sandry. 

 

General Manager Perum DAMRI cabang Yogyakarta Rahmat Santoso mengaku setelah terdapat proposal pengajuan dari Dinas Pariwisata Bantul. Pada tahun 2021 akan dibuka layanan angkutan ke beberapa obyek wisata di Bantul. Saat ini terdapat 5 armada yang melayani trayek ini. 4 diantaranya beroperasi dan 1 sebagai cadangan. Setiap hari melayani 10 rute pulang pergi Terminal Palbapang – Bandara YIA. 

 

Untuk keberangkatan dari Terminal Palbapang mulai pukul 05.30 – 14.00 WIB. Sedangkan dari Bandara YIA mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB. Untuk sekali perjalanan dengan durasi sekitar 1 jam. Penumpang cukup membayar Rp 6.500.

 

“Padahal untuk tarif normal mencapai tiga puluh lima ribu rupiah,” ungkap Rahmat dilansir dari Times Indonesia.

 

Armada sudah beroperasi sejak Juli 2020 lalu. Dengan jumlah penumpang mencapai 120 pada akhir pekan dengan mematuhi protokol kesehatan dari kapasitas 46 penumpang. Maksimal hanya diisi setengahnya. 

 

Bupati Bantul Suharsono mengucapkan terima kasih atas dukungan Perum DAMRI dalam membuka trayek Terminal Palbapang-Bandara YIA. Sinergi dengan ini diharapkan terus berlangsung dalam membuka layanan angkutan menuju obyek wisata. 

 

Seluruh operasional telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP), yang mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan. Selain pengaturan jaga jarak penumpang di dalam armada, DAMRI telah memperketat protokol kesehatan lainnya mulai dari wajib penggunaan masker penumpang dan pramudi, mencuci tangan sebelum masuk armada, penyediaan hand sanitizer serta penyemprotan desinfektan pada seluruh armada yang beroperasi. 

 

Sumber: BeritatransTimes Indonesia

Foto: SUARAJOGJA/Uli Febriarni

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU