Jumat, 24 Mei 2024

Kembangkan Vaksin Virus Corona, Biofarma Koordinasi Dengan Lembaga Riset

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Produsen vaksin PT Bio Farma (Persero) tengah berkoordinasi dengan lembaga penelitian untuk membuat vaksin virus corona. Mengingat, telah ada kasus virus corona di Indonesia.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, pihaknya tengah berdiskusi dengan beberapa lembaga penelitian untuk mengembangkan vaksin ini. Salah satunya adalah dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. 

“Indonesia kan sudah ada yang positif corona. Artinya, kita sudah punya sampel virusnya. Makanya, nanti kami dengan Balitbangkes Kemenkes akan meneliti. Semoga kita bisa bikin vaksin ke depan,” kata Honesti di Jakarta, Rabu (4/3).

Ia menjelaskan, waktu yang dibutuhkan untuk penelitian hingga vaksin bisa diedarkan ke masyarakat berkisar antara 10 tahun-15 tahun. 

Akan tetapi, jika menjalin kerjasama dengan lembaga penelitian, maka kemungkinan akan ada jalur pintas untuk pembuatan vaksin ini. 

“Misalnya, ada lembaga riset yang sudah sampai tahap 1 tapi mereka tidak punya kapasitas untuk melanjutkan. Kalau seandainya sudah ada yang sampai tahap 2, bisa dua sampai tiga tahun lebih cepat. Jadi memang harus koordinasi,” ungkap Honesti. 

Meskipun belum memiliki vaksin virus corona, Honesti menyampaikan bahwa Indonesia telah mempunyai vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Persediaan vaksin tersebut juga ia klaim mencukupi. 

Sumber : investasi.kontan.co.id

Foto : Bio Farma

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU