Senin, 29 April 2024

Stok Beras Langka di Retail Modern, Ini Solusi dari Bulog

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – Beras premium dikeluhkan langka di retail-retail modern beberapa waktu belakangan. Menurut Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi yang menjadi penyebab terjadi kelangkaan beras di retail modern karena harga.

Dia menyebutkan, ada aturan mengenai harga eceran tertinggi (HET) yang membuat para penjual retail modern itu taat dan tidak mau melanggar dengan menjual beras di atas HET. Padahal, kenyataannya harga beras saat ini memang sudah di atas HET.

Untuk mengatasi kurangnya pasokan beras di retail modern itu, kata Bayu, Bulog akan mengisi stoknya dengan menjamin harga beras yang dikirimkan itu di bawah HET. Kemudian juga masih ada insentif untuk retail modern supaya mereka tetap mendapatkan margin.

“Ini tentunya penting buat mereka, jadi itu kita lakukan, sampai dengan saat ini pun Bulog sudah menyalurkan misalnya katakanlah di Jabodetabek saja kami sudah menyalurkan hampir 12.000 ton untuk retail modern saja di luar Pasar Induk Cipinang dan pasar yang lain,” bebernya.

Selain itu, Bayu menambahkan, secara historikal biasanya dalam situasi seperti ini pemerintah akan menawarkan relaksasi HET. Relaksasi HET ini dalam periode yang pendek diberikan pemerintah sehingga kemudian ditolerir bahwa retail modern boleh menjual di atas HET. Setelahnya, harga akan dikembalikan lagi seperti semula.

“Mengapa itu penting, ini akan membuat stok yang selama ini sebenarnya ada tetapi lebih mahal di atas HET itu akan ke luar dan bisa di sampaikan ke masyarakat,” ujarnya.

Dengan demikian, menurut Bayu, masyarakat tentu harus memahami di retail modern harganya nanti akan sedikit lebih mahal tetapi barangnya ada. Bagi masyarakat tentu menginginkan harga yang murah dan barangnya tersedia tetapi kalau pun harus sedikit berkorban, berkorban di harga, asal stoknya ada.

Solusi lainnya menurut Bayu adalah beras Bulog dengan harga relatif murah (sesuai dengan HET) didistribusikan ke penggilingan-penggilingan padi atau distributor-distributor yang selama ini masuk ke retail modern. Selanjutnya, mereka bertransaksi dan akan diperoleh harga yang masih sesuai dengan ketentuan pemerintah.

“Jadi langkah-langkah ini mudah-mudahan menambah pasokan di retail modern, tetapi yang paling penting tadi adalah panen yang sudah mulai masuk dan harga mulai turun itu,” tandasnya.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU