Kamis, 29 Februari 2024

Cepat Banget! Warga Depok Bisa 20 Menit ke Bandara Soetta Lewat Tol Ini

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – Sejak Jumat (22/12/2023) Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 resmi bertambah dua ruas. Dengan penambahan tersebut, waktu tempuh dari Depok ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) hanya sekitar 20-30 menit.
Mengutip situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jumat (22/12/2023), kedua ruas itu adalah Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Junction Krukut-Cinere (2,2 Km) dan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere (3,64 Km). Kedua ruas tersebut masih fungsional alias gratis.

Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Junction Krukut-Cinere dan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere ini tersambung dengan jaringan Jalan Tol JORR 2 lainnya dan mendukung konektivitas Jabodetabek. Adapun Jalan Tol JORR 2 berperan penting dalam menambah alternatif dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten.

Dengan demikian, pengguna jalan yang tinggal di sekitar Jabotabek juga dapat menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi di Jalan Tol Sedyatmo yang merupakan akses utama dari Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota baik dari arah Tanjung Priok maupun arah Cawang.

Kedua ruas tol ini juga akan memudahkan akses warga Bogor dan Depok yang hendak menuju ke Bandara Soekarno-Hatta, sehingga jarak dari wilayah Cimanggis Depok, menuju bandara yang sekitar 50 Km, dengan kecepatan kendaraan 80 Km per jam bisa ditempuh hanya sekiar 20-30 menit saja.

Tol Cinere-Jagorawi
Tol Cinere-Jagorawi sendiri membentang sepanjang 14,9 Km. Jalan ini terdiri dari tiga seksi, yaitu seksi 1 menghubungkan Jagorawi-Raya Bogor sepanjang 3,70 Km telah beroperasi pada Januari 2012, sedangkan seksi 2 menghubungkan Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,50 Km telah beroperasi pada September 2019 lalu. Kemudian seksi 3A Kukusan-Junction Krukut sepanjang 3,50 Km telah beroperasi sejak akhir tahun 2022 lalu, dilanjutkan seksi 3B Junction Krukut-Cinere sepanjang 2,2 Km.

Ruas ini akan menghubungkan beberapa ruas tol JORR 2 lainnya, yakni di sisi Barat Tol Serpong-Cinere, Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, dan di sisi Timur Jalan Tol Kunciran-Serpong, Tol Cimanggis-Cibitung dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, serta terkoneksi dengan beberapa ruas tol lainnya seperti Tol Jagorawi dan Jalan Tol Depok-Antasari.

Adanya Tol Cinere-Jagorawi, pergerakan dari Bogor ke Jakarta akan semakin lancar, yakni dapat ditempuh dengan waktu berkendara 45 menit saja. Selain itu juga diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek, juga akan mengurai kepadatan arus lalu lintas di Kota Depok.

Tol Serpong-Cinere
Kemudian untuk Tol Serpong-Cinere, Seksi 1 Jalan Serpong-Pamulang sepanjang 6,50 Km sudah beroperasi sejak April 2021. Kemudian bertambah Seksi 2 Pamulang-Cinere dengan tambahan 3,64 Km telah tersambung, sehingga total Tol Serpong-Cinere yang telah beroperasi menjadi 10,14 Km.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU