Sabtu, 20 Juli 2024

PLN Listriki 3.928 Keluarga di 12 Desa Terluar Toraja

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – PT PLN (Persero) telah menyediakan akses listrik 24 jam bagi 3.928 keluarga di 12 desa di Kecamatan Mappak dan Kecamatan Simbuang, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kedua belas desa tersebut adalah Desa Dewata, Kondodewata, Sengpepoarikan, Miallo, Tanete, dan Butang di Kecamatan Mappak, serta Desa Batuallu, Sima, Makodo, Pobembe, Simbuang, dan Pobembe Mesakada di Kecamatan Simbuang. Semua desa ini termasuk dalam kategori Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin, mengungkapkan bahwa untuk menerangi desa-desa tersebut, PLN telah membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 54,06 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 35,78 kms, serta 20 unit gardu distribusi dengan total kapasitas 825 kilo Volt Ampere (KVA).

PLN terus berupaya menyalurkan listrik ke daerah 3T di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat, dengan berbagai program yang bertujuan mencapai rasio elektrifikasi 100%.

Kepala Desa Pongbembe, Mey Taruk Linggi, menyatakan apresiasinya atas upaya PLN ini. Ia merasa sangat bahagia karena desanya akhirnya bisa menikmati listrik. Mey menambahkan bahwa akses listrik ini diharapkan tidak hanya menyediakan penerangan, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup dan mendukung pertumbuhan ekonomi di desanya.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU