Jumat, 19 Juli 2024

Pertamina Bakal Akuisisi Perusahaan Bioetanol Brasil

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – PT Pertamina sedang dalam tahap mempertimbangkan untuk mengakuisisi sebuah perusahaan bioetanol di Brasil, seperti yang disampaikan oleh VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso. Saat ini, proses evaluasi untuk rencana akuisisi tersebut masih berjalan.

“Kami masih dalam tahap kajian secara komprehensif untuk mendapatkan hasil terbaik,” ujar Fadjar

Fadjar belum dapat memberikan rincian lebih jauh terkait estimasi investasi yang akan dikeluarkan oleh BUMN migas tersebut.

Namun, akuisisi ini dianggap sebagai langkah Pertamina dalam memenuhi amanah Pemerintah Indonesia khususnya dalam menjaga ketahanan energi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana menyatakan bahwa rencana akuisisi ini bertujuan untuk mendorong pasar dalam negeri.

Meskipun demikian, Dadan menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia tetap berupaya untuk mendorong pertumbuhan industri di dalam negeri.

Saat ini ketersediaan fuel grade ethanol (FGE) nasional baru sekitar 40.000 kiloliter (kL) per tahun. Jumlah ini masih jauh dari kebutuhan pencampuran bioetanol secara nasional.

Berdasarkan roadmap pengembangan bioetanol berbasis tebu, diperkirakan pada 2026 kebutuhan bioetanol akan meningkat menjadi 623.000 kiloliter (kL).

Salah satu upaya untuk mendorong industri bioetanol dalam negeri dilakukan dengan penerbitan Perpres No 40 tahun 2023 tentang Percepatan Swasembada Gula Nasional dan Penyediaan Bioetanol Sebagai Bahan Bakar Nabati (Biofuel), di mana pada 2030 ditargetkan tersedia FGE sebesar 1,2 juta kL.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU