Kamis, 20 Juni 2024

5 Kapal Laut Terbesar Milik PT PELNI Persero yang Beroperasi di Lautan Indonesia

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info | Anda suka bepergian di wilayah Indonesia dengan kapal laut? Jika ya, maka Anda perlu tau tentang jenis kapal laut milik PELNI yang beroperasi di seluruh wilayah Indonesia. Info BUMN kali ini akan menghadirkannya.

Dikutip mediakupang.com dari wikipedia, Sabtu 13 Agustus 2022, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau biasa disingkat menjadi PT PELNI (Persero), adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang pelayaran angkutan penumpang dan barang.

Hingga tahun 2020, pada laporan BUMN perusahaan ini mengoperasikan 26 unit kapal penumpang, 53 unit kapal perintis, 8 unit kapal Tol Laut, 4 unit kapal kargo, 1 unit kapal ternak, dan 20 unit kapal rede. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, perusahaan ini juga memiliki 45 kantor cabang, 115 titik terminal, 1 kantor cabang khusus (di Singapura), serta 2 Unit Bisnis Strategis (Galangan Surya di Surabaya dan Hotel Bahtera di Cipayung). Kapal-kapal Pelni secara rutin menyinggahi 91 pelabuhan di Indonesia.

Dari semua kapal milik perusahaan ini, tiga unit di antaranya, yakni KM Kerinci, KM Wilis, dan KFC Jet Liner, berfungsi sebagai kapal sewa atau kapal cadangan bila ada kapal lain yang sedang masuk dok.

Kapal penumpang milik perusahaan ini terdiri dari enam jenis, yakni kapasitas 3.000 penumpang, 2.000 penumpang, 1.000 penumpang, 500 penumpang, kapal Ro-Ro, dan kapal feri.

Dari sekian banyaknya kapal penumpang tersebut, berikut ini adalah 3 kapal Pelni terbesar di Indonesia yang bisa mengangkut hingga ribuan penumpang, sebagaimana dirangkum floresterkini.pikiran-rakyat.com dari akun Facebook Info PT Pelni.

1. Kapal Labobar

Kapal Motor (KM) Labobar melayani penumpang yang memiliki rute perjalanan laut mencakup daerah Surabaya, Balikpapan, Donggala, Bitung, Ternate, Sorong, Manokwari, Serui, Nabire, dan Jayapura. KM Labobar yang mulai dioperasikan pada tahun 2004 ini memiliki kapasitas yang besar karena mampu menampung 3.084 orang penumpang.

Pihak Pelni menyediakan tiket KM Labobar dalam empat kelas yang berbeda, yaitu Kelas 1A dengan daya tampung 26 orang, Kelas 1B dengan daya tampung 40 orang, Kelas Wisata dengan daya tampung 1.152 orang, dan Kelas Ekonomi mampu menampung 1.886 orang penumpang.

2. KM Dorolonda

Bagi calon penumpang yang memiliki rute perjalanan laut mencakup daerah Kijang, Jakarta, Surabaya, Makassar, Bau Bau, Namlea, Ambon, Ternate, dan Bitung, kalian bisa menumpang KM Dorolonda. Kapasitas KM Dorolonda bisa dibilang besar karena memiliki daya tampung untuk 2.130 orang. Sementara itu tiket KM Dorolonda dibagi dalam empat kelas yang berbeda, yaitu Kelas 1S untuk menampung 12 orang, Kelas 1A untuk 36 orang, Kelas 1B untuk 56 orang, dan Kelas Ekonomi dapat menampung 2.026 orang penumpang.

3. KM Nggapulu

KM Nggapulu hadir dengan rute perjalanan laut untuk daerah Jakarta, Surabaya, Makassar, Bau Bau, Ambon, Banda Naira, Tual, Dobo, Kaimana, Fakfak, dan Sorong. Kapal yang diresmikan pada tahun 2002 ini memiliki berat 14.800 ton, dengan daya tampung 2.130 orang penumpang. Diketahui, Pelni membagi tiket KM Nggapulu dalam empat kelas yang berbeda dengan kapasitas penumpang dan fasilitas yang berbeda. Semakin tinggi kelas, semakin mahal harga tiketnya. Demikianpun sebaliknya.

Sumber: mediakupang

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU