Jumat, 26 April 2024

Demi Mengurangi Kepadatan Arus Mudik Lebaran, Tol Pasuruan-Probolinggo di Buka 15 April

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Ruas tol Pasuruan-Probolinggo Paket 4A tengah di persiapkan oleh PT Waskita Karya demi mengurangi kepadatan arus mudik lebaran 2023. Jalur tol tersebut dipastikan tanggal 15 April 2023 sudah bisa digunakan untuk kegiatan mudik.

Dalam rangka peninjauan kesiapan infrastruktur dan transportasi mudik lebaran 2023 di Provinsi Jawa Timur, Direktur jalan Bebas Hambatan Direktorat Jendral Bina Marga Kementerian PUPR, Budi Harimawan Semihardjo mengiyakan kesiapan dari ruas tol Pasuruan-Probolinggo. “Ruas Tol Probolinggo Timur-Interchange (IC) Gending sudah siap difungsionalkan mulai tanggal 15 April 2023,” kata Budi dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (3/4/2023).

Tujuan dari kunjungan ini berupa rapat koordinasi dengan pihak yang terlibat dan dihadiri oleh kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, PT Waskita Karya dan beberapa perusahaan BUMN lainnya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Robert Rouw mengatakan, “Meskipun jalur tol tersebut sudah siap untuk arus mudik, namun tetap harus memperhatikan rambu-rambu di ruas tol secara maksimal agar terhindar dari kecelakaan,” katanya.

Tol Paket 4 yaitu Probolinggo Timur sampai dengan Gending dengan Panjang 8,6 km ini difungsionalkan untuk melengkapi Paket 1-3 yang telah beroperasi sejak 2019. Tol ini juga menjadi salah satu ruas utama dari Jalan Tol Trans Jawa yang merupakan pintu masuk kawasan wisata Bromo-Tengger-Semeru.

“Semoga dengan difungsikannya ruas tol ini dapat mengurangi kepadatan pada arus mudik begitupun juga denga arus balik Lebaran 2023 khususnya pada wilayah Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Jalur tol untuk mudik yang sedang dilakukan oleh PT Waskita Karya, bukan hanya paket 41, tapi juga ruas tol laonnya menurut Dhetik Ariyanto selaku Director of Operation II. “Selain ruas tol Paspro Paket 4, Waskita juga sedang mempersiapkan beberapa ruas tol yang berpotensi difungsionalkan pada Lebaran 2023 diantaranya yaitu ruas tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 dan ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi Seksi 2,” ungkapnya.

Source: Detik

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU