Selasa, 16 Juli 2024

Tokcer! 1,1 Juta Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Habis Terjual

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Sebanyak 1,1 juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk keberangkatan masa angkutan mudik Lebaran 2023 telah terjual. Dalam info BUMN terbaru, lima perjalanan KA juga sudah terisi penuh atau okupansi 100 persen.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus menjelaskan, berdasarkan pantauan hingga Senin (27/3/2023) pukul 08.00 WIB, jumlah tiket KA yang telah terjual untuk keberangkatan 12 April hingga 3 Mei 2023 adalah 1.137.854 tiket. Jumlah tersebut mencakup 39,5 persen dari total keseluruhan tiket yang disediakan. “Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung,” kata Joni dalam keterangan resminya, Senin (27/3/2023). Relasi favorit sejauh ini untuk periode sebelum Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta / Bandung) menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

Sementara itu, untuk periode setelah Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah / Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta / Bandung). Tercatat, sebanyak 5 dari 10 perjalanan KA favorit telah mencapai tingkat okupansi 100 persen atau terisi penuh. Secara terperinci, kelimanya adalah KA Airlangga dengan rute Pasar Senen – Surabaya Pasarturi pp, kemudian KA Kahuripan (Kiaracondong – Blitar pp), serta KA Sri Tanjung (Lempuyangan – Ketapang pp).

Selanjutnya, KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong – Surabaya Gubeng pp, dan KA Bengawan (Pasar Senen – Purwosari pp). Sementara itu, lima kereta api lainnya telah memiliki okupansi di atas 50 persen, yaknj KA Probowangi (Surabaya Gubeng – Ketapang pp) dengan keterisian 88,23 persen, KA Rajabasa (Kertapati – Tanjungkarang pp) dengan okupansi 84,3 persen, disusul oleh KA Serayu (Pasar Senen – Purwokerto pp) dengan keterisian 72,86 persen.

Kemudian, ada KA Bukit Serelo (Kertapati – Lubuklinggau pp) memiliki tingkat okupansi 67,88 persen, serta KA Malabar (Bandung – Malang pp) dengan keterisian 65,90 persen. Adapun, KA dengan tanggal keberangkatan favorit diisi oleh periode 20 April 2023 dengan 67 persen. Menyusul di belakangnya adalah 21 April dan 25 April 2023 masing-masing dengan 64 persen dan 61 persen.

Joni berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia. “Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang menunjang bisnis BUMN ini. Fitur tersebut yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” tutupnya dalam laporan BUMN.

Sumber: ekonomi.bisnis

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU