Jumat, 29 Maret 2024

PT Freeport Indonesia akan Memproduksi 52 Ton/Tahun Emas Batangan

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l PT Freeport Indonesia di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur akan membangun smelter tembaga dan Precious Metal Refinery (PMR).

Proyek ini akan menghasilan sejumlah produk seperti 600.000 ton per tahun katoda tembaga. Lalu, smelter itu akan menghasilkan produk samping berupa lumpur anoda 6.000 ton per tahun.

Lumpur anoda tersebut dimurnikan melalui PMR yang dapat menghasilkan beberapa produk seperti emas 52 ton, perak 210 ton, platinum 0,03 ton, paladium 0,375 ton, salenium 285 ton, bismut 220 ton, dan timbal 2.200 ton.

Luas lahan dari smelter kedua milik PT Freeport Indonesia ini sebesar 100 hektar (ha). Sampai saat ini perusahaan terus mengejar target produksi yang diperkirakan akan mulai pada Mei tahun 2024.

Pihaknya sedang melakukan diskusi dengan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) untuk menyerap emas yang akan di produksi. Kemudian, pihaknya juga akan melakukan penjajakan untuk bullion bank atau bank emas.

“Untuk emas yang nanti dihasilkan PMR itu sedang diskusi intens juga dengan Antam untuk meng-off take emas kita,” ujarnya.

“Kemudian bullion bank, bullion bank ini nanti rencana dari Kemenko Ekonomi apakah nanti akan kerja sama dengan Bank Indonesia juga kami masih belum tahu secara detailnya tapi ini juga masih dijajaki kemungkinannya,” terangnya.

Source: Detikcom, Kumparan

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU