Jumat, 29 Maret 2024

Bahas Potensi Bisnis, Menteri BUMN Bakal Dampingi Jokowi ke 6 Negara Afrika

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info | Presiden Joko Widodo (Jokowi) membidik kerja sama bilateral dengan enam negara di dunia untuk sejumlah sektor bisnis. Salah satu negara yang ditargetkan adalah Afrika.

Pada info BUMN kali ini, hal ini disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Dia membeberkan Kepala Negara akan melakukan lawatan ke enam negara.

Karena itu, pada pekan depan Presiden Jokowi dan Menteri Kabinet Indonesia Maju segera melaksanakan rapat terbatas (ratas) untuk membahas ekspansi pasar tersebut.

“Minggu depan kita segera rapat karena Bapak Presiden akan kunjungan ke Afrika, ke 6 negara,” ujar Erick, dikutip Selasa (28/3/2023).

Alasan pemerintah menargetkan Afrika sebagai negara mitra lantaran kawasan tersebut memiliki pasokan daging, bahkan tercatat surplus. Sehingga, memungkinkan Indonesia bisa mengimpor pangan dasar tersebut, bila pasokan domestik mengalami defisit.

Menurutnya, pola kerja sama Indonesia dan Afrika tidak saja dalam bentuk perdagangan atau ekspor/impor, namun bisa juga melalui skema investasi di sektor pangan. Sehingga Indonesia ambil bagian dalam rantai pasok (supply chain) global.

“Mereka (Afrika) ada surplus daging, kita impor daging, yah coba kita trade (dagang). Mungkin nggak trade pakai uang, trade pakai investasi, pembayarannya pakai daging, kan nggak apa-apa, toh kita butuh,” ucapnya.

Dari perluasan pasar ini, Erick pun meminta BUMN menyiapkan berbagai kemungkinan agar siap manakala mendapat penugasan dari negara. Hal ini pun akan mengembangkan bisnis BUMN.

“Nah ini tadi saya sampaikan bahwa siap kita ditugaskan, investasi Pertamina juga di mana-mana di Afrika tadi saya paparkan.

“Tapi ini menjadi bentuk pemikiran bagaimana kita bisa masuk memperbaiki juga supply chain kita. Jadi bukan sekedar pengembangan pasar, sekadar untung saja, tetapi untungnya harus memperbaiki supply chain kita,” lanjut dia.

Sumber: okezone.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU