Rabu, 19 Juni 2024

Kebakaran Kapal Pengangkut BBM di Mataram

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Terjadi kebakaran kapal penganggkut BBM yaitu kapal MT Kristim milik PT Hanlyn Jaya mandiri yang sedang disewa oleh anak usaha dari PT Pertamina yaitu PT Pertamina Internantional Shipping (PIS) pada hari tanggal 26 Maret 2023. Kebakaran ini terjadi di perairan yang tidak jauh dari Terminal BBM Ampenan Kota Mataram, NTB.

“Kami mendapat laporan dari salah seorang warga bernama Dady Sukmawan yang kebetulan lagi di rumah orang tuanya di Kampung Bugis Ampenan yang dekat dengan lokasi kejadian,” kata Humas Kantor SAR Mataram I Gusti Lanang Wiswananda.

Insiden terbakarnya kapal MT Kristim ini ketika kapal melakukan labuh jangkar lalu titik api terlihat berasal dari forecastle atau mooring deck depan.

Sebanyak 17 kru kapal berusaha secara maksimal untuk memadamkan api, namun tidak berhasil. Sehingga, nahkoda memutuskan untuk segera evakuasi.

Ketika sedang melakukan operasional jangkar, diketahui ada 3 kru kapal yang melompat ke laut terlebih dahulu. dan sampai saat ini masih dalam proses pencarian. Lalu, 14 kru lainnya dipastikan selamat saat proses evakuasi kru kapal yang dibantu oleh nelayan sekitar. Kru yang selamat sekarang berada di FT Ampenan.

Tim Emergency Response PIS terus berkoordinasi dengan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat menurut Robert selaku Humas PIS. Selain itu berkoordinasi juga dengan Pelindo dan otoritas lainnya untuk tidakan evakuasi, penanggulangan kru kapal, dan pemadaman.

“PIS menekankan perlunya mengutamakan dan menyerukan pentingnya aspek keselamatan dalam seluruh kegiatan operasional baik untuk kru kapal dan juga memastikan kargo muatan kapal,” ujarnya.

Source: CNN, CNBC

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU