Jumat, 29 Maret 2024

Bulog akan Impor Beras lagi 500.000 Ton Untuk Ketersediaan Bahan Pokok Idul Fitri.

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Bulog menerima tugas dari Badam Pangan Nasional untuk segera mengimpor beras sebanyak 500.000 ton. Menurut Arief Prasetyo Adi selaku Kepala Badan Pangan Nasional mengatakan bahwa hal tersebut merupakan hasil rapat dengan Presiden Joko Widodo terkait ketersediaan Bahan Pokok dan Persiapan Arus Mudik Idul Fitri 1444 H.

“Kami menugaskan Perum Bulog untuk melaksanakan pengadaan cadangan beras pemerintah (CBP) dari luar negeri sebesar 2 juta ton sampai akhir Desember 2022. Pengadaan 500.000 ton pertama agar dilaksanakan secepatnya,” demikian tertulis dalam surat tersebut yang dikutip detikcom, Senin (27/3/2023).

Nantinya pasokan beras tersebut akan digunakan untuk mengirim bantuan sosial melalui program Stabilisaso Pasokan dan Harga Pangan Beras (SPHP). Total Bansos yang akan disalurkan sebanyak 21.353 keluarga penerima manfaat (KPM)

Menurut Arief tujuan dari mengimpor beras tersebut adalah untuk menjaga kepentingan produksi dalam negeri serta memberikan aspek akuntabilitas dan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai dengan undang-undang.

Meski begitu, pihak Badan Pangan Nasional meminta Bulog agar tetap optimal dalam menyerap beras dari petani dalam negeri terutama pada bulan panen raya yaitu bulan Maret-Mei 2023.

Surat terkait impor beras sebanyak 500.000 ton itu benar adanya dan sudah dikonfirmasi oleh pihak Perum Bulog sendiri. Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal mengatakan bahwa pihaknya telah menerima surat penugasan tersebut.

Source: Detik

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU