Senin, 15 April 2024

Pembangunan Tanggul di Pantura menggunakan Limbah Batu Bara PLN

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Pembangunan tanggul di pantura menggunakan limbah batu bara atas kerja sama antara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan PT PLN (Persero). Limbah dari batu bara ini dimanfaatkan untuk mendirikan tanggul sementara di sepanjang pesisir pantai utara. Limbah ini berasal dari sisa pembakaran batu bara atau Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) PLTU.

Dirut PLN Darmawan Prasodjo mendukung kerja sama yang akan dilakukan PLN dengan Gubernur Jawa Tengah ini dalam memperbaiki infrastruktur pesisir pantura. Nantinya bahan baku yang akan digunakan dalam pembangunan tanggul tersebut berasal dari sisa abu pembakaran batu bara di PLTU.

Sisa abu pembakaran selama ini dijadikan PLN sebagai bahan baku bangunan. Hasil uji KLHK, FABA aman digunakan dan membuat PLN masif menggunakannya untuk keperluan infrastruktur masyarakat.

Selama ini PLN mengolah sisa abu pembakaran menjadi bahan baku bangunan. Hasil uji KLHK, FABA aman digunakan dan membuat PLN masif menggunakannya untuk keperluan infrastruktur masyarakat.

Di daerah Jawa Tengah ada beberapa PLTU yang beroperasi seperti PLTU Tanjung Jati B di Jepara, PLTU Rembang dan PLTU adipala di Cilacap. PLTU Tanjung Jati B dapat menghasilkan FABA kurang lebih 359.000 ton per tahun, lalu PLTU Rembang menghasilkan 67.000 ton per tahun dan PLTU Adipala sebanyak 80.000 ton.

“Kami berkomitmen mendukung langkah pak Gubernur untuk bisa gerak cepat mengatasi penurunan tanah di pesisir pantai utara. Kebetulan, PLN memiliki FABA yang terbukti mampu dan aman sebagai bahan baku tanggul sementara,” ujar Darmawan dalam keterangan tertulis, Rabu (15/3/2023).

PLN juga mengajak berbagai pihak UMKM untuk bekerja sama dalam mengolah FABA menjadi bahan baku bangunan maupun campuran bahan baku bangunan. Seluruh produk yang dibuat dari FABA sudah melewati beberapa pengujian dan verifikasi kualitasnya oleh perguruan tinggi di Jawa Tengah seperti Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berterimakasih kepada pihak PLN yang telah membantu Pemprov Jateng dalam pembangunan tanggul sementara. Pembangunan tanggul sementara ini diharapkan dapat membantu mencegah abrasi pantai yang menjadi tantangan Jawa Tengah.

Menurut Ganjar, pantura merupakan salah satu jalur penting yang dapat menopang pergerakan perekonomian. Untuk itu, Ganjar mengajak semua pihak menjaga kelestarian pantura secara komprehensif.

Source: Detikcom

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU