Senin, 5 Juni 2023

Trans Jawa Resmi Terhubung dari Barat ke Timur, Tol Probolinggo-Banyuwangi Mulai Dibangun

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Trans Jawa adalah salah satu proyek yang dibangun pemerintah untuk mempermudah akses kendaraan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari ujung barat hingga timur pulau Jawa. Kabar baiknya, tol ini akan segera bisa tersambung secara keseluruhan. Ruas tol Probolinggo-Banyuwangi inilah yang menjadi tol terakhir dalam proyek besar yang sedang dikejar ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan ruas Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I Probolinggo hingga Besuki sepanjang 49,68 km. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama (Groundbreaking) oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Senin (6/2/2023) di Kelurahan Pendil, Kecamatan Suko, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Direktur Utama PT. Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) dalam laporannya mengatakan, pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terbagi menjadi dua tahap pembangunan, yaitu Tahap I menghubungkan Probolinggo hingga Besuki sepanjang 49,68km, dan Tahap II menghubungkan Besuki hingga Banyuwangi sepanjang 125,72km.

Pekerjaan Paket 1 ruas Gending – Kraksaan dilaksanakan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk – PT Brantas Abipraya (Persero) – PT Marga Konstruksi Nusantara (KSO), sedangkan pengawasan dilakukan oleh Konsultan Supervisi dari PT Virama Karya (Persero). Paket 2 ruas Kraksaan – Paiton dilaksanakan oleh kontraktor PT Hutama Karya Infrastruktur – PT Acset Indonusa Tbk – PT Nindya Karya KSO, sedangkan pengawasan dilakukan oleh Konsultan Supervisi dari PT Multi PHI Beta.

Sedangkan Paket 3 ruas Paiton – Besuki dilaksanakan oleh kontraktor PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. – PT Waskita Karya (Persero) Tbk. – PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., (KSO), sedangkan pengawasan dibagi menjadi 2 Paket, Paket 3A dilakukan oleh Konsultan Supervisi dari PT Eskapindo Matra sedangkan Paket 3B masih dalam tahap persiapan Pengadaan.

Sumber: pu.go.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU