Jumat, 1 Maret 2024

Logistic Day, Pos Indonesia Siap Sukseskan Pemilu 2024

ads-custom-5

BUMN Info, Jakarta – Pos Indonesia terus berperan untuk mengakselerasi pertumbuhan industri logistik nasional. Kali ini, Pos Indonesia menginisiasi Logistic Day untuk mendorong akselerasi pertumbuhan Industri Logistik Nasional pada Selasa (21/2/2023).

Direktur Pos Ditjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Gunawan Hutagalung, mengatakan bahwa Pos Indonesia sebagai BUMN yang bergerak di bidang jasa kurir dan logistik mampu menjadi kurir and logistic solutions bagi Kementerian, Lembaga, Departemen, dan Pemerintahan Daerah.

BUMN ini telah mendapat tugas khusus dari pemerintah sebagai Designated Operator (Penyelenggara Pos yang ditunjuk oleh Pemerintah) sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor: 1670 Tahun 2016 tanggal 26 September 2016.

“Tentunya Pemerintah memiliki alasan yang sangat kuat dengan melihat kepada kapasitas dan pengalaman yang dimiliki oleh Pos Indonesia untuk melakukan interkoneksi distribusi kiriman kurir dan logistik dengan berkolaborasi bersama penyelenggara kurir dan logistik lainnya baik domestik maupun internasional,” jelas Gunawan.

Adapun Direktur Utama Pos Indonesia Group, Faizal Rochmad Djoemadi, mengatakan, kerja sama ini dilakukan dalam rangka mempercepat proses pendistribusian logistik para pelaku usaha di Indonesia dan merupakan salah satu upaya dalam mendukung stabilitas ekonomi nasional.

Pos Indonesia sebagai BUMN yang mempunyai usia yang cukup panjang memiliki berbagai macam pengalaman pengiriman kurir dan logistik mulai dari kiriman ritel, kiriman korporasi, penggarapan project pemerintah baik Distribusi Kiriman Pemilu, Distribusi Bansos Beras, Set Top Box (STB), Penyaluran BLT, Logistik KPU untuk PEMILU, Bantuan Subsidi Upah dan penugasan pemerintah yang lainnya baik dalam skala kecil hingga kiriman dengan skala besar.

“Kami juga memiliki gudang/storage sebanyak 151 yang tersebar di seluruh Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk management fulfillment produk UMKM,” ujarnya.

Selain itu, juga mampu memberikan end-to-end logistic solution dan menjadi kolaborator yang baik bekerja sama dengan penyedia jasa kurir dan logistik lainnya, seperti halnya pada proses first milemiddle mile, dan lastmile.

Faizal menjelaskan, pihaknya telah memberikan kontribusi dalam berbagai program pemerintahan dan sebagai agen pembangunan yang menjadi salah satu mitra strategis Pemerintah Republik Indonesia; baik dalam bidang kurir dengan mengirikan dokumen negara dan produk hukum dari Direktorat Jenderal Pajak, Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, KPK, Mahkamah Konstitusi dan Kemeterian Teknis dan Kementerian Koordinator termasuk Kejaksanaan dan TNI serta POLRI.

Dokumen negara tersebut termasuk yang dikeluarkan oleh unit vertikal di Lembaga Negara dan Lembaga Negara Non Departemen. “Saat ini Pos Indonesia telah mendapat kepercayaan dari Kementerian BUMN sebagai koordinator dalam cluster logistik BUMN sehingga kami terus berupaya menjadi Perusahaan Logistik Terkemuka yang dapat mengonsolidasikan seluruh entitas BUMN yang bergerak di bidang logistik,” ungkapnya.

Sementara, dalam pergaulan dunia Internasional, kata Faizal, Pos Indonesia juga telah menjadi member United Postal Union yang merupakan Perhimpunan Postal Operator Negara di seluruh dunia sehingga mampu berkolaborasi dengan semua pihak untuk melakukan distribusi semua kiriman tidak hanya untuk domestik, tetapi juga internasional.

Saat ini PT Pos Indonesia (Persero) didukung penuh oleh Bea dan Cukai, Balai Karantina Hewan, Balai Karantina Tumbuhan, serta komunitas kurasi produk UMKM seperti Sekolah Eksport, Si Bakul, PadiUMKM, Big Indonesia, Kalikan dan entitas lain yang fokus pada peningkatan enterpreunership UKM di Indonesia untuk menjadi juara domestik dan mengembangkan layanan hingga Go Internasional.

“Pos Indonesia sebagai bagian dari organisasi dunia United Postal Union (UPU) tengah dan terus berupaya meningkatkan kiriman antarnegara, antarbenua dengan layanan/service kiriman Pos Internasional,” katanya.

Dia menambahkan, Pos Indonesia mendukung dan mengembangkan interkoneksi dengan perusahaan kurir dan logistik baik domestik dan internasional sebagai salah satu strategi untuk pemenangan layanan logistik dunia dengan harga yang kompettitif.

“Dengan demikian, Pos Indonesia selaku penyelenggara bisnis kurir–logistik berkolaborasi dengan BUMN Klaster Logistik atau dengan Perusahaan Swasta untuk produk layanan baik di first milemiddle, maupun last mile menggunakan digital platform,” pungkasnya.

Source : Wartaekonomi
Dokumentasi : Pos Indonesia

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU