Kamis, 28 Maret 2024

ASDP Kembali Layani Penyeberangan Kumai-Kendal

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – PT ASDP Indonesia Ferry kembali melayani rute penyeberangan dari Pelabuhan Tempenek Kumai di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menuju Pelabuhan Kendal, Jawa Tengah, setelah terhenti dikarenakan gelombang besar.

Dia mengatakan, penyeberangan dari Kumai ke Kendal sempat terhenti dikarenakan cuaca buruk di Laut Jawa pada Desember lalu. Dalam satu bulan, KMP Kolibodri melayani enam kali penyeberangan dari Pelabuhan Kumai ke Pelabuhan Kendal.

“KMP Kolibodri mulai melayani kembali penyeberangan dari Kumai ke Kendal dari 11 Januari setelah sekitar tiga pekan tidak melayani rute ini dikarenakan gelombang besar,” kata Anas.

Selain melayani angkutan penumpang, KMP Kolibodri juga melayani penyeberangan angkutan kendaraan, seperti sepeda motor, mobil ringan, hingga truk besar ekspedisi pengangkut sembako dan lainnya. “Harga tiket penumpang Rp 118.400 untuk dewasa dan untuk bayi Rp 12 ribu,” kata Anang.

Sementara itu untuk biaya jenis muatan kendaraan yakni Rp 270.600 untuk sepeda motor, sedangkan untuk kendaraan roda empat ringan Rp 2.262.100 dan kendaraan barang atau truk Rp 4.497.200.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Penyeberangan Kumai Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat, Didik Widiyanto mengatakan, setelah lebih kurang tiga pekan tidak melakukan pelayaran, yakni terakhir 21 Desember 2022, KMP Kalobodri tiba dan melayani angkutan penumpang dan kendaraan dari Pelabuhan Penyeberangan Kumai.

“KMP Kalibodri tiba dan sandar di Pelabuhan Penyeberangan Kumai pada Rabu (11/1) pukul 01.33 WIB dini hari dan kembali berangkat menuju Pelabuhan Kendal pada malam harinya sekitar pukul 22.00 WIB,” katanya.

Selain KMP Kolibodri yang melayani rute Kumai-Kendal, juga ada beberapa perusahaan pelayaran lain yang melayani keberangkatan dari Kumai ke Semarang dan Kumai ke Surabaya melalui Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

Source : Republika

Dokumentasi : Tribun News

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU