Minggu, 23 Juni 2024

Demi Turunkan Biaya Logistik! Pembangunan Lanjutan Pelabuhan Patimban Dibangun Keroyokan Senilai Rp3,7T

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Beberapa perusahaan plat merah di sektor konstruksi melakukan pengerjaan pembangunan paket 5 berupa Car Terminal Construction di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Mereka tergabung dalam perusahaan patungan atau joint venture (JV) TWWHA. 

Perusahaan patungan tersebut atas dua kontraktor Jepang dan tiga BUMN Karya. Di mana, TAO (Jepang) mengambil porsi konsorsium sebesar 60 persen, Wakachiku 10 persen (Jepang). Sementara BUMN Karya ada PT Waskita Karya Tbk, dengan porsi konsorsium 16 persen, PT Hutama Karya (Persero) 8 persen, PT Brantas Abipraya (Persero) 6 persen. 

Adapun Waskita Karya bertindak sebagai pemimpin kontraktor Indonesia dan TOA sebagai leader kontraktor Jepang. Nilai kontrak pengerjaan kelanjutan proyek strategis nasional (PSN) mencapai Rp3,7 triliun. 

“Bersinergi dengan beberapa BUMN karya lain, Brantas Abipraya memenangkan tender proyek ini dengan porsi konsorsium 5 persen,” ungkap Direktur Operasi II Brantas Abipraya, Purnomo, dikutip Kamis (12/1/2023). 

Penandatanganan kontrak pekerjaan paket 5 Pelabuhan Patimban telah dilakukan pada akhir tahun 2022 oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Paket pekerjaan yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kelas II Patimban itu rencananya akan menampung 1.500 kendaraan peti kemas per-harinya di Pelabuhan Patimban.

Pelabuhan itu juga digadang-gadang akan dapat merampingkan biaya logistik nasional karena mendekatkan pusat produksi. Selain itu, digadang-gadang sebagai pelabuhan strategis untuk masa depan, pasalnya pelabuhan tersebut akan menjadi salah satu pelabuhan yang mengedepankan penggunaan teknologi dan sistem digital dalam  operasionalnya.

Pembangunan pelabuhan Patimban juga bertujuan mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas di Jakarta dengan pembagian arus lalu lintas kendaraan, serta menjamin keselamatan pelayaran termasuk area eksplorasi migas. 

 

Sumber: idxchannel

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU