Senin, 4 Desember 2023

Hutama Karya Siap Garap 2 Proyek Ini di Awal Tahun!

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Di awal tahun 2023 ini, PT Hutama Karya (Persero) siap memulai pekerjaan 2 (dua) proyek baru, yaitu Proyek Irigasi Rentang yang berlokasi di Kabupaten Indramayu dan Pembangunan Groundsill 5 & 6 Sungai Cipamingkis tahap II di Kabupaten Bogor.

Dalam proses pengerjaan proyek Irigasi Rentang, Hutama Karya akan bekerja sama dengan PT Taruna Putra Pertiwi melalui KSO Hutama – Taruna, dengan porsi HK 70%. Penandatanganan kontrak telah dilaksanakan pada tanggal 11 November 2022 lalu di kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Jawa Barat, oleh Executive Vice President (EVP) Divisi Sipil Umum Hutama Karya sekaligus Kuasa Hutama – Taruna, Ari Asmoko bersama PPK Irigasi dan Rawa I, Luqman Fadhillah.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyatakan bahwa proyek dengan nilai kontrak Rp 243 Miliar ini bertujuan untuk mengairi sawah seluas 15.340 Ha dan mengatur waktu penyimpanan pasokan air warga pada saat kering atau musim kemarau.

“Proyek Irigasi Rentang ini sebagai pendukung ketahanan pangan dan mengalirkan kebutuhan air bagi masyarakat sekitar khususnya di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat,” ujar Tjahjo.

Lebih lanjut Tjahjo menjelaskan bahwa proyek ini akan dilaksanakan selama 1095 hari, hingga tahun 2026, dengan penerapan teknologi telemetri & telecontrol yaitu sebuah teknologi pengukuran & pengendalian dalam proses konstruksinya. Sedangkan tugas utama Hutama Karya dalam proyek ini adalah pekerjaan saluran, pekerjaan struktur dan pekerjaan Hydromechanical pada struktur pintu air.

“Skema dan strategi harus matang dipersiapkan guna penyelesaian proyek tepat waktu dan tepat mutu sehingga dapat memajukan ketahanan pangan di Indonesia,” ujar Tjahjo.

Selain proyek Irigasi, Hutama Karya juga mulai mengerjakan Pembangunan Groundsill 5 & 6 Sungai Cipamingkis tahap II, bekerja sama dengan PT Basuki Rahmanta Putra melalui KSO Basuki – Hutama dengan porsi HK 49%. Penandatanganan kontrak proyek telah dilaksanakan pada 23 November 2022 di Kantor BBWS Citarum Bandung, dihadiri oleh SVP PBK Divisi Sipil Umum Hutama Karya, Mali Achmadi dan kuasa KSO dari PT Basuki Rahmanta, Roni Komara.

Tjahjo menyampaikan bahwa nilai kontrak pekerjaan Groundsill ini sebesar Rp 221 Miliar dengan target proyek selesai pada Desember 2023, meliput pekerjaan dengan lebar sungai 71.921 meter x panjang 106 meter.

“Tujuan pembangunan Groundsill 5 & 6 Sungai Cipamingkis tahap II ini untuk melindungi Bendung Cipamingkis baru, mengendalikan gerusan air pada dasar sungai yang cenderung curam serta suplai air irigasi untuk kebutuhan lahan persawahan sekitar 7.500 Ha untuk masyarakat sekitar khususnya di Kabupaten Bogor dan Bekasi,” tutup Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Modernisasi Irigasi Rentang dan pembangunan proyek Groundsill 5 & 6 Sungai Cipamingkis ini diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar, menjaga lingkungan sekitar dari kerusakan tanah dan menjamin ketersediaan air di musim kemarau. Kedua proyek ini juga semakin memperkuat portofolio HK dalam membangun infrastruktur air.

 

Sumber: bumn.go.id

Dok: tender-indonesia.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU