Jumat, 29 Maret 2024

Presiden RI Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Garapan HK

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Pada kunjungan kerjanya ke Pekanbaru, Riau, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dalam rangka meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang garapan PT Hutama Karya (Persero) di Gerbang Tol Bangkinang, pada hari Rabu (4/1/2023).

Dalam acara tersebut, Jokowi menyampaikan sambutannya yang berisi harapan agar hadirnya Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang ini dapat meningkatkan kecepatan mobilitas barang, orang, dan jasa sehingga produk yang ada di Provinsi Riau bisa lebih bersaing di pasar.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini, saya resmikan Jalan Tol Pekanbaru – Padang seksi Pekanbaru – Bangkinang di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.” ucap Jokowi.

Jokowi menambahkan dengan diresmikannya jalan tol ini, bisa menumbuhkan sentra ekonomi baru dan pada akhirnya akan membuka lapangan kerja serta memberikan kesejahteraan pada masyarakat.

Acara peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang ditandai dengan proses penekanan sirine dan penandatangan prasasti oleh Presiden RI. Beberapa pihak lain juga turut hadir, seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, Bupati Kabupaten Kampar Kamsol, serta Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian dari koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Pekanbaru-Padang sepanjang 254km yang dapat menghubungkan daerah di Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat. Konektivitas di JTTS juga dapat memangkas beban logistik dan meningkatkan taraf kompetitif Indonesia di tengah persaingan regional maupun global.

Dalam pembangunannya, anak usaha Hutama Karya selaku kontraktor yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) menggunakan inovasi teknologi tinggi seperti konstruksi digital, Building Information Modelling (BIM) dalam tahapan perencanaan hingga konstruksi proyek, serta mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja lokal.

Sejak akhir Oktober 2022 lalu, Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 31km telah beroperasi dan dilalui banyak pengendara. Faktanya, dengan rata-rata kecepatan maksimum 80km/jam, pengendara tol dapat memangkas waktu tempuh dari semula 1-2 jam melalui jalan akses nasional, kini hanya 30 menit. Jalan tol ini juga memiliki 1 (satu) simpang susun yang nantinya dioperasikan semua jalur.

 

Sumber: bumn.go.id

Dok: detik.net.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU