Jumat, 26 April 2024

Menilik Pembangunan Masjid Unik Al Jabbar yang Dibangun BUMN

ads-custom-5

Bandung, BUMN Info l PT Hutama Karya telah resmi merampungkan Masjid Raya Al Jabbar, sebagai salah satu masjid raya terbaru yang kini menjadi tujuan destinasi wisata Provinsi Jawa Barat pada Desember 2022. Masjid yang berlokasi di daerah Gedebage, Bandung ini dapat menampung kapasitas hingga 50 ribu jamaah.

Gubernur Jawa Barat mengatakan bahwa masjid ini akan menjadi Masjid Raya dan Ikon Wisata Baru di Jawa Barat. Selama ini Provinsi Jawa Barat tidak punya masjid raya dan menumpang ke Masjid Agung Kota Bandung sehingga penting untuk dibangun. Adapun pembangunan kawasan ini bukan hanya untuk masjid saja namun juga untuk Proyek Museum Rasulullah dan sejarah Islam Nusantara, proyek danau pengendali banjir, proyek taman/hutan kota yang masif.

Peresmian secara langsung telah dilaksanakan pada hari Jum’at (30/12) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin melalui daring, dan dihadiri oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan, serta Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo.

Peresmian ini menandai dapat digunakannya Masjid Raya Al-Jabbar oleh masyarakat umum, dan dimeriahkan dengan Tabligh Akbar bersama AA Gym yang kemudian dilanjutkan dengan sholat Jum’at perdana.

Pembangunan masjid ini dikabarkan menghabiskan biaya senilai Rp1T, namun EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya menyampaikan bahwa proyek kolaborasi dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk senilai Rp496 Miliar.

Masjid didesain ramah lansia dan disabilitas dengan dilengkapi 2 lift yang memadai serta ruang khusus toilet difabel. Proyek ini juga menyerap ratusan tenaga kerja lokal, terapung di atas danau, memiliki struktur plafon tanpa tiang, serta melibatkan karya seni anak-anak Jawa Barat pada pembuatan ornamen-ornamennya. Pembangunan lanjutan ini memiliki beberapa lingkup pekerjaan di antaranya Pekerjaan Struktur, Arsitektur, MEP dan Landscape.

Adapun Masjid Al Jabbar berada di atas danau retensi yang merupakan salah satu penanggulangan banjir di Kota Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Massa bangunannya muncul dari rumus aljabar sehingga terciptalah sebuah masjid dengan bentuk setengah lingkaran yang membuat bangunan ini sangat ikonik.

Masjid Al Jabbar juga dirancang dengan sentuhan konsep wisata di atas lahan seluas 26 hektar di Gedebage, di mana lokasi tersebut yang akan diproyeksikan sebagai Central Business District yang baru. Masjid Al Jabbar dilengkapi dengan 4 menara setinggi 99 meter, sebagai simbol dari Asmaul Husna.

 

Sumber: cnbcindonesia

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU