Kamis, 28 Maret 2024

KAI Layani 154 Ribu Pelanggan KA Jarak Jauh Pada Puncak Libur Natal 2022

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info I PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat puncak libur Natal 2022 menggunakan Kereta Api Jarak Jauh terjadi pada H-2 Libur Natal atau Jumat 23 Desember 2022. Pada tanggal tersebut terdapat 154.920 orang yang berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari berbagai tujuan untuk berlibur ataupun pulang ke kampung halaman.

Jumlah pelanggan tersebut okupansinya mencapai 114% dimana KAI pada tanggal 23 Desember menyediakan sebanyak total 135.339 tempat duduk KA Jarak Jauh. Untuk melayani pelanggan pada puncak libur Natal ini, KAI mengoperasikan 236 KA Jarak Jauh.

Volume pelanggan KA Jarak Jauh tersebut meningkat 21% dibandingkan keberangkatan tanggal 22 Desember dimana KAI melayani 128.224 pelanggan KA Jarak Jauh. Selanjutnya pemesanan tiket diprediksi akan kembali meningkat saat Libur Tahun Baru 2023 pada keberangkatan 1 Januari 2023. Sampai dengan saat ini berdasarkan data penjualan maka puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 1 & 2 Januari 2023.

Mayoritas pelanggan KA Jarak Jauh melakukan perjalanan pada puncak libur Natal tersebut dengan keberangkatan dari Jakarta disusul kota-kota besar lainnya. Rinciannya, terdapat 17 ribu pelanggan KA Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 14 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir, 11 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Bandung, 10 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng, dan 6 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Pasar Turi. Adapun relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu Jakarta – Yogyakarta, Jakarta – Bandung, Jakarta – Surabaya, Jakarta – Purwokerto, Bandung – Jakarta, Bandung – Surabaya, Surabaya – Yogyakarta, dan lainnya. 

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pelanggan karena telah mempercayakan perjalanan di masa libur Natal ini kepada KAI. Ia menilai seluruh pelanggan juga tertib dan mematuhi protokol kesehatan selama menggunakan layanan KAI.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak menggunakan kereta api di masa libur Natal dan Tahun Baru ini untuk merencanakan perjalanan dengan baik, karena ketersediaan tiket masih cukup banyak,” ujar Joni.

Joni melanjutkan, tipikal pelanggan sekarang ini adalah membeli tiket dengan tempo mendekati  tanggal keberangkatan seperti pada H-2, H-1, bahkan melakukan pembelian langsung (go show) di hari keberangkatan. Ia mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket kereta api di aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

KAI secara disiplin mengimplementasikan protokol kesehatan sesuai yang telah ditetapkan pemerintah berdasarkan SE Kemenhub No 84 Tahun 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022. KAI konsiaten  menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer yang memadai, pengukuran suhu tubuh, pembagian masker gratis, serta melaksanakan vaksinasi di stasiun-stasiun dan klinik kesehatan kerja sama dengan TNI/Polri dan Dinas Kesehatan. 

Secara umum, total tiket KA Jarak Jauh yang disediakan pada periode Natal dan Tahun Baru 2023 (22 Desember 2022 s.d 8 Januari 2023) yaitu sebanyak 2,4 juta tempat duduk. Tiket KA Jarak Jauh pada masa Nataru yang telah terjual sampai dengan 24 Desember 2022 adalah sebanyak 1,1 juta tiket. Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.

 

Sumber: kai.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU