Kamis, 28 Maret 2024

Telkom Mulai Garap Data Center, Nilai Investasinya Capai Rp3 Triliun

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Telkom Indonesia (Persero) belum lama ini memulai pembangunan data center di Batam dengan nilai investasi hingga US$198 juta atau Rp3,08 triliun. Research Analyst Infovesta Kapital Advisori Arjun Ajwani menuturkan prospek dari pembangunan data center oleh Telkom sangat baik bagi kinerja perseroan.

“Mereka [Telkom] lagi membangun fasilitas Data Center ini untuk mencaplok permintaan dari pasar data center dari Singapura,” kata Arjun, kepada Bisnis, Kamis (22/12/2022).

Pasar untuk data center dirasa masih sangat potensial sehingga diharapkan akan bertumbuh pesat ke depannya. Arjun memandang pembangunan data center ini juga dapat menjadi katalis untuk kenaikan kinerja Telkom di masa depan.  

Adapun Infovesta merekomendasikan untuk buy saham TLKM, dengan target harga atau TP pada Rp4.280 per saham, dengan support di Rp3.580. Sebelumnya, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan dalam proyek pusat data tersebut, Telkom menggandeng Singtel dan Medco Power. Nilai sharing ketiganya antara lain Telkom 60 persen, Singtel 36 persen, dan Medco 5 persen.

“Pertimbangan memilih Batam untuk membidik potensi pasar pusat data dari Singapura dan memenuhi kebutuhan pasar domestik,” ujar Ririek. Dia menambahkan pusat data bakal berlokasi di Kabil Industrial Estate dengan luas 5 hektare. Tahap awal, pusat data berkapasitas 17 MW akan selesai pada kuartal II/2024 yang terus dikembangkan hingga 51 MW.

 

Sumber dan dok: bisnis.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU