Sabtu, 20 April 2024

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Alami Kecelakaan, Akankah Jadwalnya Tertunda Kembali?

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Kabar kurang mengenakkan kembali terdengar dari proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Saat sedang dilakukan proses pemasangan rel pada Minggu (18/12/2022), sebuah kecelakaan terjadi terjadi di daerah Cempaka Mekar, Kabupaten Bandung Barat dan menyebabkan dua pekerja WNA Cina meninggal dunia serta empat lainnya luka-luka.

Diketahui kecelakaan ini terjadi karena kereta mengalami anjlok. Menurut kesaksian seorang warga yang dikutip dari Kompas.com, kronologi kecelakaan ini bermula saat lokomotif kereta cepat berwarna hijau melaju kencang dari arah Padalarang menuju Jakarta sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu pemasangan rel belum rampung dan kereta tersebut tidak berhenti melainkan terus melesat hingga keluar lintasan. Akibatnya kereta terlempar keluar lintasan sepanjang kurang lebih 200 meter dari ujung rel itu pun menabrak kereta teknis berwarna kuning yang tengah berada di luar rel kereta.

Untuk mengusut masalah ini hingga tuntas, investigasi pun segera dilakukan nih #SobatInfo! Selain itu, PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) bersama beberapa pihak selanjutnya juga akan mengevaluasi SOP pemasangan rel, SOP kerja lainnya, serta memastikan segenap pekerjaan yang dilakukan kontraktor KCJB memenuhi aspek keselamatan kerja, pada setiap aktivitas kerja.

Hasil temuan dan rekomendasi investigasi nantinya bisa dijadikan acuan untuk meningkatkan aspek keselamatan pada proyek pembangunan perkeretaapian. Namun, sebagai dampaknya proyek konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini terpaksa dihentikan sementara oleh Kementerian Perhubungan. Meski begitu, Menko Kemaritiman dan Investasi memastikan bahwa proyek KCJB akan tetap selesai tepat waktu yaitu pada Juni 2023 sesuai perintah Presiden RI.

 

Sumber dan dok: Kompas

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU