Kamis, 25 April 2024

Bendungan Kering Pertama di Indonesia Karya Brantas Abipraya Segera Hadir!

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Sebagai komitmen mendukung Pemerintah dalam mengurangi kerentanan DKI Jakarta dari bencana banjir, Brantas Abipraya dikabarkan segera merampungkan bendungan kering pertama di Indonesia, yaitu Bendungan Ciawi. Bendungan bervolume tampung 6.05 juta m3 dan luas genangan 39,40 hektar inipun  mencatatkan penghargaan untuk Brantas Abipraya dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pelaksana Pembangunan Bendungan Kering Pertama di Indonesia.

Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, Miftakhul Anas, mengatakan, saat ini progres Bendungan Ciawi telah mencapai 93 persen. Nantinya bendungan kering ini akan mereduksi banjir sebesar 111,75 meter kubik per detik dan tak hanya sebagai pengendali banjir, bendungan ini pun dibangun untuk menjadi tempat wisata, yakni dikembangkan sebagai ecotourism park atau taman ekowisata dengan memanfaatkan kawasan konservasi pada bendungan.

Anas pun menambahkan, bendungan ini akan menampung air pada saat musim hujan saja, sedangkan pada saat musim kemarau bendungan akan tetap kering. Karakteristik ini jugalah yang membuat Bendungan Ciawi disebut sebagai bendungan kering.

 Nantinya bendungan ini akan difungsikan sebagai penahan laju aliran air saat banjir dari hulu sungai Ciliwung. Sehingga diharapkan pada periode curah hujan tinggi, bendungan ini akan mampu menahan kelebihan air dan mengalirkannya secara terkontrol. Anas menambahkan bahwa kehadiran Bendungan Ciawi targetnya akan mampu mengurangi puncak debit banjir di Pintu Air Manggarai sebesar 21% dan dapat mengendalikan banjir di Jakarta dengan fungsi mereduksi banjir di Sungai Ciliwung sebesar 11,9 persen debit air.

Dikenal champion dalam pembangunan infrastruktur air khususnya bendungan, pada pembangunan Bendungan Ciawi ini Brantas Abipraya menambahkan spot-spot instagramable untuk swafoto. Tak hanya itu, masyarakat sekitar atau mungkin wisatawan juga dapat berolahraga, ber-jogging sambil menikmati pemandangan cantik bendungan. Hal ini dikarenakan bendungan ini juga bakal dilengkapi jogging track. 


Sumber dan dok: bumn.go.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU